Meski Hari Libur, Disdukcapil Tetap Buka Pelayanan KTP Elektronik untuk Sukseskan Pemilu 2024

Meski Hari Libur, Disdukcapil Tetap Buka Pelayanan KTP Elektronik untuk Sukseskan Pemilu 2024

Meski Kamis, 8 Februari 2024 hari libur, Disdukcapil Kabupaten Pekalongan tetap buka pelayanan KTP elektronik.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Meski hari libur panjang, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Pekalongan tetap buka pelayanan KTP elektronik (E-KTP).

Maka tak heran, meskipun pada hari Kamis, 8 Februari 2024, hingga Minggu, 11 Februari 2024, merupakan tanggal merah atau hari libur, kantor Disdukcapil Kabupaten Pekalongan tampek penuh dengan antrean. 

Kepala Disdukcapil Kabupaten Pekalongan Ajid Suryo Pratondo, mengatakan, kantornya akan tetap membuka layanan pada Kamis, 8 Februari 2024, hingga Minggu, 11 Februari 2024. Pelayanannya buka mulai pukul 08.00 WIB hingga 14.00 WIB. 

Hal ini dilakukan dalam rangka penyuksesan Pemilu 2024. Sebab, kata Ajid, menjelang hari pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024 nanti, masih banyak warga yang belum melakukan perekaman KTP elektronik. 

Baca juga:Awal 2024, Pemohon Cetak E-KTP di Dindukcapil Kabupaten Pekalongan Meningkat

Baca lagi:Jelang Pemilu, Perekaman E-KTP untuk Pemilih Pemula Terus Digenjot

"Sejak tahun 2023 padahal kami sudah melakukan jemput bola perekaman E-KTP ke seluruh kecamatan," ungkapnya. 

Kebanyakan warga yang belum melakukan perekaman E-KTP itu karena sedang merantau ke luar kota. Baik bekerja, studi, maupun sedang nyantri di pondok pesantren luar kota. 

"Karena ini libur panjang, kami coba manfaatkan untuk buka layanan. Siapa tahu justru saat libur ini mereka sempat," jelasnya. 

Ternyata benar, kata Ajid, ia mencontohkan pada Kamis ada 201 orang mengurus KTP. Hal ini yang membuat kantor Disdukcapil tetap ramai orang meski tanggal merah. 

"Pada hari Kamis lalu, ada 200-an, ini terdiri atas 123 orang mengurus pencetakan KTP, 72 orang mengurus perekaman E-KTP, dan 6 orang mengurus IKD (Identitas Kependudukan Digital)," tandasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: