Agar Disenangi Anak, Begini Tips Parenting dr Aisah Dahlan dalam Mendidik Anak secara Beradab dan Islami

Agar Disenangi Anak, Begini Tips Parenting dr Aisah Dahlan dalam Mendidik Anak secara Beradab dan Islami

Cara mendidik anak secara beradab dan Islami, parenting dr Aisah Dahlan.-draisahdahlan/ ig-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Sebagai orang tua muslim, tentu rujukan dalam parenting anak kembali pada al-Qur'an dan hadis atau teladan Rasulullah Saw. Lalu bagaimana cara agar bisa mendidik anak secara beradab dan Islami?

Dalam pembahasan ini, dr Aisah Dahlan selaku salah satu tokoh parenting Indonesia menjelaskan bahwa Islam mengutamakan adab dan musyawarah.

"Makna adab adalah sopan santun dan musyawarah bisa diartikan dengan diskusi, negosiasi, dan nasehat." tutur dr Aisah Dahlan menjelaskan.

Jadi di antara poin penting yang perlu orang tua lakukan dalam mendidik anak secara beradab dan Islami adalah sebagai berikut.

Mendidik Anak secara Beradab dan Islami

Islam tentu sudah mengajarkan cara yang baik termasuk dalam proses mendidik anak. Ada sebuah proses musyawarah atau berdiskusi dengan anak, dan saat menasehatinya yang dianjurkan.

BACA JUGA:Untuk Para Ibu Hamil, Begini Tips Parenting dr Aisah Dahlan untuk Mendidik Anak sejak dalam Kandungan

BACA JUGA:Bagaimana Cara Mendidik Anak Usia 0-2 Tahun? Simak Penjelasan dr Aisah Dahlan Berikut Ini

Dan dalam hal ini dr Aisah Dahlan menyebutkan orang tua perlu bersikap lembut. Adab lembut dalam mendidik anak ini disebutkan dalam QS. Ali-Imran:159 yang berbunyi,

 

فَبِمَا رَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ لِنْتَ لَهُمْ ۖ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ لَانْفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ ۖ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ فِي الْأَمْرِ ۖ فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ

"Maka disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka. Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan diri dari sekelilingmu. Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu. Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya."

Dari ayat tersebut dr Aisah Dahlan menguraikan kembali beberapa cara berlemah lembut saat bermusyawarah dengan anak.

1. Berdoa Kepada Allah

Allah SWT adalah sang Maha yang membolak-balikan hati makhluknya. Maka saat ingin menjadi sosok yang lemah lembut pada anak, mintalah kepada Allah untuk diberikan kemampuan berbicara yang baik, dengan lembut kepada anak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: