8 Manfaat Rebung untuk Ibu Hamil, Sebelum Mengonsumsinya Perhatikan Hal Ini!

8 Manfaat Rebung untuk Ibu Hamil, Sebelum Mengonsumsinya Perhatikan Hal Ini!

Manfaat rebung untuk ibu hamil-Hadi Waluyo/Tangkapan Layar Freepik-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Rebung kaya akan nutrisi yang menyehatkan tubuh, namun apakah tunas bambu muda ini aman untuk ibu hamil. Simak uraian singkat manfaat Rebung untuk ibu hamil berikut ini agar tak membahayakan bunda dan janinnya.

Selain rendah kalori dan lemak, kandungan nutrisi dalam rebung cukup banyak. Rebung memiliki kandungan serat, vitamin B6, vitamin C, dan vitamin E, serta mineral penting seperti potasium, tembaga, dan mangan. Makanya, bisa dijadikan makanan untuk sumber nutrisi ibu hamil yang bagus bagi perkembangan janinnya.

Rebung juga mengandung antioksidan dan senyawa anti inflamasi. Kandungan ini mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh, bahkan melindungi tubuh dari penyakit kronis seperti penyakit jantung dan kanker.

Lantas, dengan kandungan nutrisinya itu, apakah ibu hamil aman untuk mengonsumsi rebung?. Dari beberapa sumber menyebutkan, mengonsumsi rebung aman bagi ibu hamil. Namun perlu diingat! Rebung mengandung senyawa glikosida sianogenik, yang dapat melepaskan sianida saat tertelan.

Baca juga:12 Manfaat Rebung untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Mampu Menurunkan Kolesterol Hingga Menyehatkan Kulit

Oleh karenanya, agar aman dikonsumsi oleh ibu hamil, masaklah rebung hingga matang sebelum dikonsumsi. Rebung dapat dimasak dengan cara direbus, dikukus, atau digoreng hingga masak untuk mengurangi kadar senyawa glikosida sianogenik, agar lebih aman untuk dikonsumsi.

Selain itu, makan rebung dalam batas wajar atau jangan terlalu banyak. Ibu hamil dapat mengonsumsinya dalam porsi kecil hingga sedang. Terapkanlah pola makan yang seimbang dan beragam untuk menjaga kesehatan yang lebih baik.

Selama trimester pertama kehamilan disarankan untuk tidak mengonsumsi rebung, karena potensi kandungan sianidanya. Sianida dapat membahayakan ibu hamil dan janin. Meskipun memasak dapat mengurangi kadar sianida, namun berapa kandungannya berkurang belum bisa dipastikan.

Ibu hamil bisa memilih rebung segar dengan tekstur yang kuat dan bebas dari jamur. Penting untuk diperhatikan! Masaklah dengan matang untuk menghilangkan potensi bakteri atau parasit yang mungkin ada dan menghilangkan sianidanya.

Baca lagi:Rekomendasi Makanan untuk Diet Ibu Hamil yang Sehat, Makan Makanan Ini Dijamin Tak Mengurangi ASI

Rebung aman dikonsumsi dalam jumlah kecil hingga sedang sebagai bagian dari diet seimbang. Sebagai aturan umum, ibu hamil terkadang bisa menambahkan rebung ke dalam makanannya.

Berikut ini beberapa manfaat rebung untuk ibu hamil:

1. Meningkatkan imunitas

Kandungan senyawa seperti polisakarida, lignin, dan flavonoid dalam rebung dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: