12 Manfaat Rebung untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Mampu Menurunkan Kolesterol Hingga Menyehatkan Kulit

12 Manfaat Rebung untuk Kesehatan yang Jarang Diketahui, Mampu Menurunkan Kolesterol Hingga Menyehatkan Kulit

Rebung atau tunas bambu muda kaya manfaat untuk kesehatan.-Hadi Waluyo/Tangkapan Layar Freepik-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Bagi kamu yang hidup di pedesaan tentu tak asing dengan rebung atau tunas bambu muda. Namun, pernahkan kamu tahu manfaat rebung untuk kesehatan tubuh kita.

Orang tua kita kerap membuat olahan rebung, baik dibuat sayur, lodeh, maupun aneka olahan lainnya. Citarasanya lezat dengan tekstur yang renyah dan aromanya khas.

Di daerah tertentu, seperti Pekalongan rebung diolah menjadi megono rebung. Di saat buah nangka mahal atau jarang, biasanya penjual nasi megono akan mengolah rebung sebagai gantinya. Di Semarang, rebung digunakan untuk isian lumpia.

Nasi megono rebung bungkus ditambah gorengan dan kerupuk acapkali menjadi menu sarapan di pagi hari. Meski sederhana, namun khasiat rebung untuk kesehatan ternyata begitu luar biasa. 

Baca juga:7 Manfaat Daun Salam bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui, Bumbu Masak yang Ampuh Cegah Hipertensi

Manfaat rebung ini diperoleh dari kandungan nutrisinya. Dilansir dari halodoc, satu cangkir rebung atau sekitar 155 gram rebung matang mengandung nutrisi berupa 64 kal kalori, 2,5 gram protein, 4,5 gram lemak, 5 gram karbohidrat dan 2 gram serat. 

Selanjutnya, ada kandungan tembaga 19 persen dari kebutuhan harian, vitamin B6 14 persen dari kebutuhan harian, riboflavin 3 persen dari kebutuhan harian, vitamin K 3 persen dari kebutuhan harian, vitamin E 9 persen dari kebutuhan harian, tiamin 3 persen dari kebutuhan harian, fosfor 3 persen dari kebutuhan harian, kalium 3 persen dari kebutuhan harian, dan besi 3 persen kebutuhan harian. 

Dari kandungan nutrsinya itu, rebung memiliki manfaat untuk kesehatan. Diantaranya menurunkan kolesterol, menyehatkan pencernaan, menurunkan berat badan, menyehatkan tulang dan kulit dan meningkatkan kesehatan jantung.

Berikut ini manfaat rebung untuk kesehatan yang jarang diketahui:

1. Menurunkan kolesterol dan menyehatkan Jantung

Hasil penelitian menunjukkan, rebung dapat menurunkan kadar kolesterol. Dimuat dalam jurnal Nutrition (2009), setelah enam hari mengonsumsi rebung 360 gram, kadar kolesterol jahat turun secara signifikan. 

Baca lagi:6 Manfaat Daun Sukun untuk Kesehatan dan Cara Mengolahnya, Obat Penyakit Ginjal, Asam Urat dan Kolesterol

Rebung banyak mengandung fitosterol yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat. Tak hanya itu, mengomsumsi rebung juga dapat menyehatkan jantung lantaran kandungan fitosterol ini juga mampu meningkatkan sirkulasi darah serta mengoptimalkan kesehatan jantung secara menyeluruh.

2. Menyehatkan pencernaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: