Hati-hati Jangan Sampai Tertipu! Ini 7 Tips Membeli Mobil Bekas Dibawah 50 Juta yang Pembeli Wajib Tahu

Hati-hati Jangan Sampai Tertipu! Ini 7 Tips Membeli Mobil Bekas Dibawah 50 Juta yang Pembeli Wajib Tahu

Hati-hati Jangan Sampai Tertipu! Ini 7 Tips Membeli Mobil Bekas Dibawah 50 Juta yang Pembeli Wajib Tahu-Youtube.com/OTOMOTIF PRO-

Sebelum tergiur harga mobil bekas dibawah 50 juta, lakukan pemeriksaan interior mobil bahkan aksesorisnya. Pastikan kondisi dashboard, kulit jok, karpet alas kaki, audio bahkan lampu di kabin,fungsi AC, sabuk pengaman, hingga rem tangan masih berfungsi dan dalam kondisi yang baik.

Dari memeriksa interior ini, kamu juga bisa menilai apakah mobil dengan harga bekas dibawah 50 juta ini pernah terkena banjir atau sisa banjir atau tidak. Biasanya terlihat dari bekas kotoran atau sisa banjir yang sulit untuk dibersihkan.

4. Memeriksa kondisi mesin

Mesin merupakan hal yang penting dalam kendaraan. Kamu bisa memeriksa mesin mulai dari membuka kap dan mencoba menyalakan mobil yang akan dibeli.

Perhatikan dengan teliti suara mesin dan komponen mobil lainnya. Apabila muncul suara asing atau mencurigakan, bisa langkung kamu tanyakan kepada penjualnya.

5. Membawa mekanik atau teman yang ahli

Sebelum setuju dengan harga mobil bekas di bawah 50 juta, pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu. Apalagi jika kamu masih awam dengan seluk beluk mesin mobil. 

Kamu dapat membawa mekanik atau teman yang ahli mesin mobil. Jadi kamu bisa lebih memastikan kondisi dan performa mesin mobil dalam keadaan baik. 

6. Memeriksa dokumen mobil

Selain memeriksa kondisi mobil, kamu juga harus memperhatikan kelengkapan dokumen mobil saat ingin membeli mobil bekas. Beberapa dokumen yang harus diperiksa sebelum dibeli. 

Tapi biasanya ada 4 dokumen utama yakni STNK, BPKB, faktur, dan kwitansi pembelian mobil bekas. Dan pastikan nomor yang tertera di dokumen sudah sesuai dengan yang ada di fisik mobil.

7. Melakukan test drive

Meski sepintas performa mesin dan riwayat mobil bekas terlihat baik, kamu tetap perlu mencoba untuk mengemudikan atau test drive mobil itu di jalan. Jangan terburu-buru, santai saja!

Perhatikan apakah  suara mesin, getaran mesin, dan asap dari knalpot normal atau tidak. Rasakan juga kenyamanan saat memijak pedal gas, rem, memindahkan persneling dan kopling terutama untuk mobil bekas manual.

Nah, 7 tips membeli mobil bekas di bawah 50 juta yang pembeli wajib tahu. Semoga bermanfaat!(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://www.adira.co.id/detail_berita/metalink/6-tips-membeli-mobil-dengan-harga-mobil-bekas-di-bawah-50-juta