Akses Penghubung 2 Kecamatan di Kabupaten Pekalongan Tertutup Longsor Batu Besar

Akses Penghubung 2 Kecamatan di Kabupaten Pekalongan Tertutup Longsor Batu Besar

Selain pohon tumbang, akses penghubung Kecamatan Karanganyar-Lebakbarang juga tertutup longsor batu besar.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Akses penghubung dua kecamatan di Kabupaten Pekalongan tertutup longsor berupa batu besar dan pohon tumbang, Kamis sore, 15 Februari 2024.

Akses penghubung dua kecamatan yang tertutup longsor ini adalah jalur Kecamatan Karanganyar menuju Kecamatan Lebakbarang. Longsor terjadi di Petak 28 D RPH Rogoselo BKPH Karanganyar Desa Lolong Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Pekalongan. 

Kapolsek Karanganyar AKP Edy Sarwono, mengatakan, hujan deras di wilayah Kecamatan Karanganyar mengakibatkan longsor. Material longsor berupa batu, tanah serta pohon  mengakibatkan akses jalan Karanganyar - Lebakbarang, dan sebaliknya terputus. 

"Sempat terputus, dan tidak bisa dilalui kendaraan, baik roda empat maupun roda dua," katanya. 

Polsek Karanganyar yang menerima informasi tersebut bergerak cepat bersama TNI, BPBD Kabupaten Pekalongan dan PMI Kabupaten Pekalongan guna melaksanakan evakuasi longsor. 

Baca juga:Pohon Tumbang Tutup Akses Karanganyar - Lebakbarang, TNI, Polri, PMI dan BPBD Evakuasi Pohon Tumbang

Evakuasi pembersihan material longsor berhasil dilakukan. Namun terdapat dua batu besar yang belum dipinggirkan karena ukurannya yang besar, sehingga membutuhkan alat berat. 

"Kami masih menunggu alat berat dari Dinas PU Kabupaten Pekalongan guna memindahkan dua batu besar, dan saat ini jalan sudah bisa dilalui oleh kendaraan roda empat dan dua," ungkap AKP Edy. 

Disampaikannya, dalam kejadian itu tidak ada korban jiwa. Namun, Kapolsek Karanganyar mengimbau warga masyarakat yang melalui jalur tersebut untuk waspada dan berhati-hati, terlebih saat hujan turun.

Sementara itu, Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pekalongan Budi Raharjo, mengatakan, untuk pohon tumbang di lokasi longsor sudah ditangani tim gabungan. Sementara untuk penanganan batu yang longsor akan dibantu alat berat.

"Alat berat sudah dikirim ke atas. Untuk jalan masih bisa dilewati kendaraan dengan sistem gantian," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: