KPU Kabupaten Batang Gelar Uji Publik Pembagian Dapil dan Alokasi Kursi DPRD Pemilu 2024

KPU Kabupaten Batang Gelar Uji Publik Pembagian Dapil dan Alokasi Kursi DPRD Pemilu 2024

BATANG - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Batang menggelar uji publik atas rancangan penataan daerah pemilihan (Dapil) dan alokasi kursi anggota DPRD dalam Pemilu 2024. Pada acara tersebut, sejumlah elemen masyarakat diundang, termasuk juga partai politik.

"Uji publik ini rencananya akan kita gelar dia kali, yaitu di Batang dan Limpung. Untuk pesertanya sendiri beras dari parpol, tokoh agama dan juga perwakilan kelompok masyarakat," ujar Ketua KPU Batang, Nur Tofan disela-sela kegiatan yang diadakan di Hotel Dewi Ratih, Rabu (14/12/2022).

Anggota KPU Batang dari Devisi Teknis, Aris Setia Budi menjelaskan, penataan dapil dan juga alokasi kursi anggota DPRD ini merupakan tahapan awal dari pemilu 2024. Sedangkan untuk uji publik sendiri dilakukan guna mendapat saran dan masukan dari masyarakat.

"Untuk Dapil dan juga jumlah alokasi kursi sendiri sama dengan pemilu 2019 lalu. Yaitu di Kabupaten Batang akan ada 5 Dapil, dan jumlah kursi DPRD ada 45," kata Aris.

Untuk penataan Dapil maupun alokasi kursi anggota DPRD Batang sendiri dilakukan berdasarkan jumlah penduduk per kecamatan.

"Jumlah penduduk Kabupaten Batang adalah 818.979 jiwa, dan alokasinya 45 kursi. Jumlah tersebut masih sama dengan tahun kemarin, karena jumlah penduduknya masih dibawah satu juta jiwa," beber Aris.

Aris menambahkan, terkait pembagian dapil dan alokasi kursi, sejak tanggal 23 hingga 29 November 2022, pihaknya belum menerima tanggapan secara tertulis dari masyarakat. Namun pada acara uji publik yang digelar tadi, hampir dikatakan setuju terhadap rencana pembagian dapil dan juga alokasi kursi yang rancang.

"Setelah melalui uji publik, hasil rancangan yang sudah ada selanjutnya akan ditetapkan. Dan kemudian akan kita laporkan kepada KPU RI untuk ditetapkan," tandas Aris. (don)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: