KPU Mulai Terima Logistik Pilkada

KPU Mulai Terima Logistik Pilkada

**Pandemi, Logistik Ditambah APD

KAJEN - Sejumlah logistik untuk Pilkada lanjutan 2020 sudah mulai tiba di KPU dan disimpan di gudang New Coral. Ketua KPU Kabupaten Pekalongan, Abi Rizal, Selasa (10/11/2020), menerangkan, KPU dalam melaksanakan Pilkada di tengah pandemi ada dua logistik, yakni logistik pemilihan dan logistik alat pelindung diri (APD). Dengan adanya logistik APD ini diharapkan mampu mencegah penyebaran virus corona pada saat Pilkada. Diterangkan, logistik pemilihan meliputi bilik suara, kotak suara, tinta, alat coblos, ATK coblos, formulir c plano hologram, surat suara, daftar pasangan calon, sampul, dan segel.

Logistik APD, lanjut dia, di antaranya berupa masker kain untuk penyelenggara, tisu, hand sanitizer, disinfektan, sabun cuci tangan, sarung tangan latex, sarung tangan plastik, thermogun, baju hazmat, masker sekali pakai untuk pemilih, alat semprot/spraiyer, ember penampung air berkran, dan plastik tempat sampah.

Menurutnya, sejak tanggal 2 November 2020 sudah datang beberapa logistik Pilkada. Untuk logistik pemilihan yang sudah datang adalah bilik suara dan kotak suara. Logistik APD juga banyak yang sudah datang seperti masker kain, tisu, plastik untuk pembungkus, dan sarung tangan plastik.

"Logistik APD lain yang mungkin segera datang itu yang akan digunakan di TPS. Hari Senin kemarin kami baru tanda tangan kontrak untuk lelang konsolidasi provinsi. Ada tujuh item di antaranya ada disinfektan, hand sanitizer, ember berkran, sabun cuci tangan, dan face shield. Dari KPU pusat ada empat, yakni thermogun, sarung tangan karet, hazmat, dan masker sekali pakai," kata dia.

Dikatakan, logistik yang sudah tiba di KPU Kabupaten Pekalongan saat ini tersimpan di gudang New Coral di Karanganyar. Beberapa logistik itu sudah mulai ditata.

"Kotak suara dan bilik sudah mulai ditata per kecamatan. Sehingga nanti harapannya ketika nanti logistik lain datang sudah bisa didistribusikan," katanya.

Disebutkan, bilik suara ada 4.326 buah, karena KPU masih memiliki bilik aluminium. Sehingga 4.326 bilik suara itu adalah kekurangan dari kebutuhan bilik suara yang ada.

"Kotak suara ada 2.271 buah untuk nanti di TPS, untuk rekap di tingkat kecamatan dan KPU.

Surat suara sudah konfirmasi tanggal 15 nanti cetak, kemungkinan tanggal 17 atau 18 sudah terdistribusi ke sini," kata Abi. (had)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: