Tak Hanya Gampang Dapat Kerja! Ini 5 Manfaat Menggunakan LinkedIn bagi Fresh Graduate untuk Bangun Karier

Tak Hanya Gampang Dapat Kerja! Ini 5 Manfaat Menggunakan LinkedIn bagi Fresh Graduate untuk Bangun Karier

Manfaat menggunakan LinkedIn bagi fresh graduate--Freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Dikenal sebagai media sosial profesional, terdapat berbagai manfaat menggunakan LinkedIn bagi fresh graduate yang sedang berusaha membangun karier mereka.

Tidak seperti media sosial lain yang cenderung difungsikan untuk membangun interaksi personal, LinkedIn merupakan media sosial yang digunakan untuk hal-hal yang berkaitan dengan pekerjaan dan dunia profesional lainnya. 

Kamu bisa menggunakan LinkedIn untuk mencari pekerjaan, menawarkan jasa, atau bahkan berkoneksi dengan orang-orang yang profesional di bidangnya untuk mengembangkan diri.

Itu sebabnya, dikatakan bahwa terdapat manfaat menggunakan LinkedIn bagi fresh graduate. Sebab, fresh graduate biasanya berada di dalam fase untuk membangun karier dan mendapatkan pekerjaan impian mereka.

Secara garis besar, kamu bisa mendapatkan manfaat menggunakan LinkedIn bagi fresh graduate berikut. Setelah membaca artikel ini, harapannya kamu bisa lebih peka tentang peran penting LinkedIn dalam perjalanan kariermu, ya!

BACA JUGA 6 Tatapan Mata yang Menandakan Orang Sedang Berbohong Saat Berbicara, Pelajari Gelagat yang Mencurigakan!

Membangun personal branding secara profesional

Sebagaimana media sosial lain di mana kamu bisa menampilkan citra dirimu di hadapan orang banyak secara virtual, kamu juga bisa melakukannya di LinkedIn. Bedanya, kamu bisa membangun personal branding yang lebih profesional jika menggunakan LinkedIn.

Untukmu yang merupakan fresh graduate dan sedang mencari pekerjaan, kamu bisa memperoleh atensi dari HRD suatu perusahaan atau recruiter untuk pekerjaan tertentu berdasarkan branding dirimu di LinkedIn. Kamu bisa menonjolkan potensi, keahlian, capaian, komitmen, dan visi kariermu di sini.

Kamu juga bisa membangun branding diri ini sejak masih menjadi mahasiswa sebagai bentuk investasimu untuk menghadapi dunia pasca kampus nantinya.

BACA JUGA Lebih Harmonis! Lakukan 6 Cara Komunikasi untuk Memberikan Pujian Pada Pasangan Ini, Capai Hubungan Langgenganggeng

Membangun relasi dan koneksi dengan orang lain

Tentu saja, sebagai media sosial, LinkedIn juga memiliki fungsi untuk membangun relasi atau koneksi dengan orang lain. Lebih jauh lagi, koneksi yang terbangun ini berada di dalam koridor profesional.

Dalam manfaat menggunakan LinkedIn bagi fresh graduate ini, kamu bisa terhubung dan berinteraksi bahkan dengan orang-orang yang sudah mapan di dunia profesional mereka. Kamu bisa mengomentari unggahan orang lain, seperti membagikan pendapatmu tentang opini tertentu atau sekadar memberikan ucapan selamat atas pencapaian orang lain.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: