65 Gudep Pramuka Adu Skill di Pesta Siaga Kwarran Batang

65 Gudep Pramuka Adu Skill di Pesta Siaga Kwarran Batang

BERLOMBA - Seribuan pramuka siaga se Kecamatan Batang berlomba di Pesta Siaga yang diadakan di GOR Abirawa Batang. -IST-

BATANG, RADAR PEKALONGAN.DISWAY.ID - Sebanyak 65 gudep Pramuka Adu Skill di Pesta Siaga Kwarran BATANG, Sabtu 17 Februari 2024. Kegiatan yang digelar di GOR Abirawa BATANG ini diikuti total sekitar 1.032 peserta dari SD/MI  Kecamatan BATANG

Bunda Majelis Pembimbing Ranting, Kwarran Batang, Dyah Purwani menyebut, dalam pesta siaga ini ada 10 taman yang dilombakan. Yang punya jenis kegiatan tersendiri. 

"Contohnya, ada pertanyaan benar atau salah yang dijawab siswa dengan menunjukkan alat peraga. Selain itu, di setiap pos juga tersedia kegiatan kesenian dan permainan tradisional," ujarnya. 

BACA JUGA:Tanam 1.000 Pohon, Pramuka Peduli Kwarcab Batang Ajak Masyarakat Hijaukan Lingkungan

Untuk pertama kalinya kegiatan Pesta Siaga Kwarran Batang ini digelar di GOR Abirawa. Pihaknya juga telah mendapatkan izin dari Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Batang sebagai ajang pembinaan karakter pemuda melalui gerakan pramuka.

"Ini juga dalam rangka mengantisipasi cuaca pada bulan Februari, yang kadang hujan," inbuh Dyah Purwani.

Tema yang diusung pada Pesta Siaga kali ini adalah "Anak Cerdas, Tangkas, dan Ceria", dengan tujuan utama membina karakter siswa dan menjadi ajang silaturahmi antar siswa dari berbagai sekolah. 

"Kami ingin mereka dapat berbagi pengalaman dan bersaing secara sehat," jelasnya.

BACA JUGA:Jika Ada Jalan Baru yang Rusak, Masyarakat Diharapkan Melapor ke DPU Kabupaten Pekalongan

Para pemenang dari pesta ini akan mewakili kecamatan Batang dalam tingkat Kabupaten yang akan diadakan pada bulan Maret mendatang. 

Ia berharap pesta siaga ini dapat memberikan anak pengalaman yang berharga. Khususnya untuk bisa lebih berinteraksi dengan sesama dan sosial. 

"Anak-anak cenderung lebih banyak menghabiskan waktu dengan gadget. Dengan adanya acara semacam ini, diharapkan anak-anak tidak hanya terpaku pada perangkat elektronik mereka sepanjang waktu," tandasnya.(Nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar pekalongan