Doa Agar Dipertemukan dengan Ramadhan, Teks Arab dan Artinya

Doa Agar Dipertemukan dengan Ramadhan, Teks Arab dan Artinya

Doa agar dipertemukan dengan Ramadhan.-Tangkapan layar Yufid.TV.-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Tak terasa sebentar lagi Ramadhan tiba, yuk berdoa agar Allah Ta'ala mempertemukan kita dengan bulan Ramadhan. Inilah doa agar dipertemukan dengan Ramadhan sesuai sunnah. 

Bulan Ramadhan adalah bulan mulia. Bulan penuh ampunan dan doa dikabulkan. Bulan dimana Alquran diturunkan. Bulan dimana pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan setan dibelenggu. Maka sambutlah bulan mulia ini dengan penuh suka cita.

Sebagai seorang muslim, jangan sampai justru mengeluh dengan datangnya bulan Ramadhan. Justru dengan merasa gembira akan datangnya waktu ketaatan dan melimpahnya kebaikan seperti datangnya bulan Ramadhan ini merupakan salah satu bentuk mengingat Allah Ta'ala.

Disebutkan dalam hadist Abu Hurairah radhiyallahu anhu, dari Nabi shallallahu alaihi wasallam, beliau bersabda, "Bulan Ramadhan telah datang kepada kalian. Bulan yang diberkahi. Allah mewajibkan kepada kalian untuk berpuasa di bulan ini. Pintu-pintu surga dibuka pada bulan ini. Pintu-pintu neraka dikunci. Dan setan-setan yang paling jahat dibelenggu. Pada bulan itu terdapat sebuah malam yang lebih baik daripada seribu bulan. Barangsiapa terhalang dari kebaikannya, sungguh dia terhalang dari segala kebaikan.” (HR. Nasa'i)

Baca juga:4 Doa Pembuka Pintu Rezeki Sesuai Sunnah, Mudah Dihapalkan untuk Dijadikan Amalan Rutin

Ramadhan tinggal itungan hari. Mari menyambutnya dengan mulai meramaikan masjid, mulai memperbanyak tadarus Alquran, memperbanyak dzikir hingga menghadiri majelis ilmu untuk bekal di bulan Ramadhan.

Salah satu tanda kegembiraan lainnya dengan datangnya Ramadhan adalah dengan memperbanyak amal, terutama sedekah dan berbuat baik kepada sesama. Ini ditunjukkan dalam hadis Ibnu Abbas radhiyallahu anhuma, beliau berkata,

“Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam adalah orang yang paling dermawan. Dan beliau menjadi orang yang sangat-sangat dermawan di bulan Ramadhan pada saat Jibril bertemu dengannya. Dan malaikat Jibril menemui beliau pada setiap malam. Dan beliau pun bertadarus Alquran bersamanya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Saking senangnya dengan bulan Ramadhan, para sahabat dan para ulama terdahulu dengan penuh kegembiraan menyambut bulan Ramadhan. Kalimat-kalimat penuh doa kebaikan dan harapan terlontar dari mereka sebagai ungkapan kegembiraan tersebut.

Baca lagi:4 Doa Yang Selalu Dibaca Nabi Tiap Pagi Hari, Jadikan Amalan Rutin dan Raih Manfaatnya

Al Hafidz Ibnu Rajab menyebutkan, satu riwayat yang menunjukkan semangat mereka dalam menyambut Ramadhan. Ibnu Rajab menyebutkan keterangan Mu'alla bin Al-Fadhl, seorang ulama tabi tabiin, mengatakan,

“Dulu para sahabat, selama enam bulan sebelum datang Ramadhan, mereka berdoa agar Allah mempertemukan mereka dengan bulan Ramadhan. Kemudian, selama enam bulan sesudah Ramadhan, mereka berdoa agar Allah menerima amal mereka selama bulan Ramadhan.”

Sebuah harapan yang luar biasa, karena mereka menilai Ramadhan adalah bulan yang sangat istimewa. Sehingga mereka tidak akan menyia-nyiakan bulan Ramadhan.

Dilansir dari konsultasisyariah, Al-Hafidz Ibnu Rajab menyebutkan salah satu contoh doa agar dipertemukan dengan Ramadhan. Doa ini diriwayatkan dari seorang ulama tabiin Yahya bin Abi Katsir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: