Ide Masakan Sehari-hari! Cobain Resep Sambal Tempe Kemangi Pedas dan Wangi, Meski Simpel Tapi Bikin Ketagihan

Ide Masakan Sehari-hari! Cobain Resep Sambal Tempe Kemangi  Pedas dan Wangi, Meski Simpel Tapi Bikin Ketagihan

Ide Masakan Sehari-hari! Cobain Resep Sambal Tempe Kemangi Pedas dan Wangi, Meski Simpel Tapi Bikin Ketagihan-Youtube.com/ERNY ANGGRAINY-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Ide masakan sehari-hari! Cobain resep sambal tempe kemangi pedas dan wangi, meski simpe tapi bikin ketagihan. penasaran gimana cara bikinnya? So, langsung saja kita bahas!

Tempe merupakan makanan khas Indonesia yang terbuat dari  kedelai yang difermentasi atau berbagai bahan lainnya yang dapat diolah menjadi masakan lezat menggugah selera.. Tempe biasanya berwarna putih karena tumbuhnya jamur yang merekatkan biji kedelai sehingga membentuk tekstur yang padat. 

Pemecahan kedelai selama fermentasi menjadikan tempe mempunyai rasa dan aroma yang unik. Jika dibandingkan dengan tahu, tempe mempunyai rasa yang sedikit lebih asam.

Tempe yang tadinya hanya banyak dikonsumsi di Indonesia namun kini telah mendunia. Banyak vegetarian di seluruh dunia  telah menggunakan tempe sebagai pengganti daging.

BACA JUGA:Ide Masakan Sehari-hari! Cobain Resep Telur Ceplok Masak Kecap Pedas yang Enak dan Praktis untuk Menu Sarapan

BACA JUGA:Ide Masakan Sehari-hari Ekonomis! Nikmatnya Resep Tumis Jamur Tiram Suwir Pedas Gurih, Cocok Buat Diet Lho

Tak sama dengan makanan tradisional kedelai lainnya yang umumnya berasal dari China atau Jepang, tempe merupakan makanan asli dari Indonesia. Makanan tradisional ini telah dikenal  dalam  budaya makan Jawa selama berabad-abad, terutama di Yogyakarta dan Surakarta.

Kata “tempe” berasal dari bahasa Jawa kuno. Di Jawa kuno, ada makanan  putih yang terbuat dari tepung sagu yang disebut tumpi. Tempe yang masih baru umumnya juga berwarna putih mirip dengan makanan tumpi tersebut.

Sambal tak melulu cocolan untuk makan lauk. Sambal di Indonesia juga bisa sebagai lauk makan.

Sambal bisa sekaligus diulek bersama bahan dasar makanan, seperti tempe. Tingkat halus dari tempe sendiri bisa disesuaikan dengan selera. Mau sampai halus dan dicampur sambal atau hanya diulek kasar saja.

BACA JUGA:Ide Masakan Sehari-hari! Resep Semur Ayam Rumahan Ala Chef Rudy Choirudin, Nikmatnya Bikin Nambah Nasi Terus

BACA JUGA:Ide Masakan Sehari-hari! Resep Telur Tomat Ala Chef Devina Hermawan, Cara Bikinnya Gampang, Sehat dan Gurih

Agar lebih nikmat maka tambahkan juga daun kemangi pada sambal tempe. Perpaduan lezat sambal dan tempe serta kemangi inilah yang disebut dengan sambal tempe kemangi. Meskipun terlihat simpel, sambal tempe kemangi pedas ini mempunyai cita rasa yang lezat. 

Tak hanya lezat, menu ini juga mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan. Menu sambal tempe kemangi  pedas ini favorit banyak orang karena simpel, praktis tapi tetap enak dimakan dengan sepiring nasi hangat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://www.masakapahariini.com/resep/resep-sambal-tempe-kemangi/