Apa si Efek Membentak Anak? Berikut Penjelasan dr Aisah Dahlan tentang Bahaya Mendidik Anak dengan Keras

Apa si Efek Membentak Anak? Berikut Penjelasan dr Aisah Dahlan tentang Bahaya Mendidik Anak dengan Keras

Beberapa bahaya mendidik anak dengan keras menurut dr Aisah Dahlan.-draisahdahlan/ ig-

Seperti dr Aisah Dahlan mencontohkan bahwa bandar narkoba berkeliaran di luar sana. Dan skenario buruk juga bisa saja terjadi.

Saat anak bertemu pergaulan yang salah di luar, bisa saja di antaranya ada bandar narkoba. Akhirnya anak seperti akan mendapat solusi yang salah di waktu yang salah.

Maka dari itu, sebagai orang tua sangat dianjurkan untuk berlaku lemah lembut. Sebab, "Semua penyimpangan pada anak-anak itu terjadi karena mereka menjauh dari orang tuanya." tegas dr Aisah Dahlan.

BACA JUGA:Tips Parenting dr Aisah Dahlan Mengatasi Masalah dengan Cepat, Solusi Orang Tua Menyelesaikan Masalah Anak

BACA JUGA:Merasa Sulit Berdialog dengan Anak? Coba Tips Parenting dr Aisah Berikut Ini Bikin Anak Lebih Mudah Diarahkan

Lalu bagaimana cara mencegah itu semua dan cara agar bisa berlemah lembut kepada anak? Berikut tips yang dr Aisah Dahlan bagikan.

Cara Mendidik Anak dengan Lemah Lembut

1. Berdoa Kepada Allah

Hal pertama adalah dengan berdoa kepada Allah. Karena Allah SWT adalah sang Maha yang membolak-balikan hati makhluknya. Maka saat ingin menjadi sosok yang lemah lembut pada anak, mintalah kepada Allah untuk diberikan kemampuan berbicara yang baik, dengan lembut kepada anak.

Mohonlah juga untuk dijauhkan adari sikap kasar dan berhati keras, khususnya dalam urusan mendidik anak dan menjadi peran orang tua.

2. Maafkan dan Mohonkan Ampun untuk Anak

Mungkin beberapa keluhan orang tua justru sudah merasa berlemh lembut, namun anak tetap tidak patuh dan tidak mau mendengarkan nasehat orang tua. Jawaban yang diberikan dr Aisah Dahlan juga ada dalam QS. Ali Imran:159,

فَٱعْفُ عَنْهُمْ وَٱسْتَغْفِرْ لَهُمْ

"Karena itu maafkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi mereka."

Ternyata kita diminta untuk memaafkan mereka terlebih dulu. Maka jadilah orang tua yang ikhlas, yang berlapang dada dengan memaafkan kesalahan anak. Dan bahkan Allah memerintahkan orang tua bersikap welas asih dengan memohonkan ampun untuk anak-anaknya.

BACA JUGA:Agar Disenangi Anak, Begini Tips Parenting dr Aisah Dahlan dalam Mendidik Anak secara Beradab dan Islami

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: