Inilah 4 Tips Menjaga Kadar Kreatinin Tetap Normal agar Tak Merusak Fungsi Ginjal

Inilah 4 Tips Menjaga Kadar Kreatinin Tetap Normal agar Tak Merusak Fungsi Ginjal

Menjaga Kadar Kreatinin Tetap Normal--Freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Menjaga kadar kreatinin tetap normal bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari yang ringan sampai yang agak berat.

Namun sebelum membahas jauh ke sana, lebih baik untuk tahu dulu tentang apa itu kreatinin. Jadi kreatinin adalah zat limbah yang terlarut di dalam darah.

Kadar kreatinin yang normal di angka 0,6 sampai 1,2 mg/dL tidak masalah bagi organ ginjal. Namun bila jumlahnya lebih dari itu, maka akan mengancam kesehatan tubuh.

BACA JUGA:Jaga Ginjal,7 Kebiasaan yang Buruk untuk Kesehatan Ginjal, Apa Saja Daftarnya,Harus Kamu Hindari Sekarang Juga

BACA JUGA:Jaga Ginjal Tetap Sehat! Inilah 7 Makanan untuk Menurunkan Kreatinin Tinggi yang Dapat Merusak Fungsi Ginjal

Tingginya kadar kreatinin yang bisa mencapai 4,0 atau bahkan 5,0 akan merusak organ ginjal. Bila kadar kreatinin ini terlalu tinggi akan mengakibatkan kerusakan pada organ ginjal.

Penyebab naiknya kadar kreatinin bisa dipengaruhi beberapa faktor. Misalnya karana terjadi dehidrasi, hipertensi, efek samping obat-obatan, suplemen, dan terjadinya gangguan ogan ginjal.

Untuk mencegah terjadinya hal tersebut kalian perlu mempraktikkan tips menjaga kadar kreatin tetap normal. 

Berikut ini yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kadar kreatin tidak tinggi sehingga jumlahnya sesuai kebutuhan harian baik pria maupun wanita.

1. Mencegah Terjadinya Dehidrasi Organ Ginjal

Pertama dan yang utama adalah memenuhi cairan yang ada di dalam organ ginjal. Ambang batas cairan organ ginjal perlu dijaga agar fungsinya tetap bekerja normal.

Hal ini karena bila organ ginjal terlalu sedikit cairannya, maka akan mengakibatkan kadar kreatinin naik. 

Kadar kreatinin secara otomatis akan naik ketika organ ginjal mengalami dehidrasi. Maka untuk menjaga kadar kreatin tetap normal adalah dengan memenuhi cairan setiap harinya.

BACA JUGA:Trik Psikologi Berikut Ungkap Ciri Orang yang Diam-diam Membencimu, Sebaiknya Berhati-hatilah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: