Lokasi Tergenang, Petugas PPS Bacakan Hasil Perolehan Suara dengan Kaki Terendam Air

Lokasi Tergenang, Petugas PPS Bacakan Hasil Perolehan Suara dengan Kaki Terendam Air

Petugas PPS membacakan hasil perolehan suara di tiap TPS dengan kondisi kaki terendam air.-Dony Widyo-

*Percepat Penghitungan Perolehan Suara, PPK Batang Tambah Satu Panel 

BATANG - Rekapitulasi perolehan suara pemilu 2024 di Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Batang, Rabu 21 Februari 2024 siang sempat dihentikan sementara akibat hujan deras. Hal itu dilakukan karena suara pembacaan tidak dapat terdengar oleh para saksi.

Usai hujan reda, rekapitulasi kembali dilanjutkan, dan petugas Panitia Pemungutan Suara (PPS) harus rela membacakan perolehan suara yang ada di kertas Plano tanpa mengenakan sepatu, dan kali terendam air.

Selain itu, untuk memperlancar perolehan Rekapitulasi suara, pihak PPK Batang juga menambah satu panel lagi. Sehingga ada total 5 panel yang digelar untuk proses perhitungan suara tingkat PPK.

Ketua PPK Batang, Bambang Edi Sudarmanto di kecamatan Batang ada 399 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di 21 Desa dan Kelurahan.

"Mengingat waktu dan cuaca, maka kita mengajukan penambahan satu panel lagi ke KPU Kabupaten, dan disetujui. Sehingga saat ini ada 5 Panel yang melakukan Rekapitulasi suara," ungkap Bambang Edi ditemui Rabu 21 Februari 2024.

Dengan adanya tambahan satu panel lagi, maka diperkirakan pada 25 Februari 2024, rekapitulasi seluruh desa dan kelurahan di kecamatan Batang yang juga Daerah Pemilihan (Dapil) Batang I bisa selesai seluruhnya.

"Insyaallah rekapitulasi selesai tepat waktu. Mengingat dari perhitungan kami, satu TPS itu tidak ada satu jam, hanya sekitar 40 sampai 50 menit. Selain itu proses rekapitulasi juga setiap harinya dilakukan hingga pukul 24.00 wib. Jadi Insyaallah proses ditingkat PPK ini selesai tepat waktu," jelasnya.

Bambang juga mengungkapkan bahwa sejauh ini proses rekapitulasi berjalan lancar, karena dari penyelenggara, saksi maupun panwas saling bawa data.

"Kami dari penyelenggara, saksi dan juga panwascam saling bawa dan kita sandingkan . Hasilnya sejauh ini tidak ada komplain atau keberatan dan lancar," lanjutnya.

Ditambahkan, dari 21 desa dan kelurahan, ada beberapa yang sudah selesai proses rekapitulasi. Yaitu Kelurahan Watesalot 12 TPS, Desa Karanganyar 5 TPS, Kelurahan  Proyonanggan Tengah 26 TPS.

"Sedangkan yang siang ini masih berjalan yaitu Kelurahan Kasepuhan dari 42 TPS selesai 18 TPS, Kelurahan Sambong dari 20 selesai 3 TPS. Kelurahan Kauman dari 46 TPS selesai 38 TPS, Kelurahan Karangasem Utara dari 43 TPS selesai 36 TPS dan Denasei Wetan," tandas Bambang Edi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: