260 Peserta Ikuti Tes CAT PPK KPU Kabupaten Pekalongan di ITSNU Kedungwuni

260 Peserta Ikuti Tes CAT PPK KPU Kabupaten Pekalongan di ITSNU Kedungwuni

Peserta seleksi PPK mengikuti ujian tertulis dengan menggunakan CAT di ITSNU Kedungwuni.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Sebanyak 260 peserta mengikuti tes tertulis dengan menggunakan CAT untuk lolos menjadi Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) untuk Pilkada 2024. Tes dilaksanakan di Kampus ITSNU Kedungwuni, Selasa, 7 Mei 2024.

Anggota KPU Kabupaten Pekalongan, Dika Redana, ditemui disela-sela seleksi CAT mengatakan, untuk seleksi tes tertulis dengan menggunakan CAT ini diikuti 260 peserta untuk seluruh Kabupaten Pekalongan. Pelaksanaan seleksi dibagi menjadi tiga sesi.

"Setiap sesi ada empat kelas atau empat laborat untuk melaksanakan tes CAT ini," katanya. 

Dikatakan, KPU Kabupaten Pekalongan membutuhkan 95 orang anggota PPK di seluruh kecamatan di Kabupaten Pekalongan. Untuk menjadi anggota PPK, syarat umumnya ialah warga negara Indonesia, tidak terdaftar sebagai anggota partai politik, berdomisili di wilayah tersebut, dan berusia minimal 17 tahun. 

"Sesi pertama sudah jalan tadi untuk Kecamatan Kedungwuni, Kesesi, Wonopringgo tadi juga sudah mengikuti. Alhamdulillah lancar, tidak ada kendala apapun," ujar dia.

Baca juga:199 Pendaftar Ikuti Tes CAT Anggota PPK Pilkada Kabupaten Batang 2024

Untuk hasil CAT, kata dia, setelah peserta selesai mengerjakan tes, atau satu kecamatan selesai, hasilnya langsung diumumkan di papan pengumuman. "Nanti peserta bisa langsung melihat hasilnya bagaimana," ucapnya.

Menurutnya, untuk bisa masuk ke tahapan wawancara atau tahap selanjutnya, pihaknya butuh tiga kali kebutuhan. Artinya, jika setiap kecamatan itu lima anggota berarti dibutuhkan 15 peserta yang bisa masuk atau lolos seleksi berikutnya. 

"Setelah ini ada tahapan tanggapan masyarakat yang nanti akan menjadi bahan pertimbangan pada saat wawancara. Jadi masih ada dua tahapan lagi," terang dia.

Dikatakan, untuk masa tugasnya sampai bulan Desember. Untuk gajinya, ketua PPK Rp 2,5 juta dan untuk anggota Rp 2,3 juta. "Bulan ini langsung kita lantik. Masa kerjanya sampai Desember," kata dia.

Disinggung apakah sempat ada kekurangan peserta pada saat pendaftaran, ia mengatakan ada dua kecamatan yang kurang kuota pendaftarnya. Yakni di Kecamatan Talun dan Petungkriyono. Sehingga dilakukan perpanjangan pendaftaran.

"Ini rata-rata pesertanya didominasi oleh teman-teman yang lama (mantan PPK, red)," imbuh dia. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: