KPU Kabupaten Pekalongan Lantik 95 PPK, Ini Pesan Ketua KPU dan Bupati Pekalongan Fadia Arafiq

KPU Kabupaten Pekalongan Lantik 95 PPK, Ini Pesan Ketua KPU dan Bupati Pekalongan Fadia Arafiq

KPU Kabupaten Pekalongan lantik 95 PPK untuk Pilkada 2024 di aula KPU setempat.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - KPU Kabupaten Pekalongan lantik 95 Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di aula KPU setempat, Kamis, 16 Mei 2024. Mereka yang dilantik didominasi oleh wajah-wajah lama.

"KPU Kabupaten Pekalongan lantik 95 PPK untuk 19 kecamatan. Dari 95 PPK itu masih didominasi wajah lama. Di atas 50 persen lah wajah lamanya," kata Ketua KPU Kabupaten Pekalongan, Laelatul Izzah, ditemui usai pelantikan, Kamis siang. 

Menurutnya, wajah-wajah baru tetap ada di PPK untuk Pilkada 2024 ini. Dengan adanya pendatang baru ini, diharapkan akan ada regenerasi kedepannya.

"Wajah-wajah baru tetap ada dan harapannya ada regenerasi. Jadi yang fresh graduate, yang wajah-wajah masih muda, biar nanti lebih semangat," ujar dia. 

Disinggung tantangan di Pilkada lebih ketat dibandingkan Pileg kemarin, ia berharap PPK bisa menjaga integritas dan netralitas mereka. Meskipun, PPK juga memiliki hak pilih.

"Walaupun kita tahu sebagai penyelenggara kita masih punya hak pilih tapi bukan berarti kita menunjukkan kecenderungan kita. Jadi tetap tunjukkan netralitas kita, ucapan dan perbuatan kita adalah netral sebagai penyelenggara, karena itu memang yang harus dilaksanakan," tandasnya.

Baca juga:Seluruh Anggota PPK Diintruksikan Jaga Integritas Selama Penyelenggaraan Pilkada Serentak

Izzah juga berpesan agar PPK bisa berkomunikasi dengan Forkompincam. Sebab, mereka ini yang akan bekerja sama dengan para pemangku wilayah di tingkat kecamatan. 

"Semoga Pilkada tahun 2024 bisa berjalan lancar, kondusif, aman, sukses tanpa ekses," harap dia.

Untuk tahapan selanjutnya di bulan Mei ini, KPU Kabupaten Pekalongan masih proses untuk tes CAT PPS (Panitia Pemungutan Suara). Untuk PPS dibutuhkan 885 orang.

"Kemudian nanti ada untuk wawancara yang kita delegasikan ke PPK. Nanti Insya Allah tanggal 26 Mei ada pelantikan PPS. Sehingga di bulan Mei ini kita sudah ada badan adhoc, sehingga Juni kita bisa langsung bekerja untuk pelaksanaan tahapan berikutnya," kata dia.

Pelantikan PPK di Aula Kantor KPU Kabupaten Pekalongan juga dihadiri Bupati Pekalongan Fadia Arafiq. Tampak pula hadir beberapa kepala OPD, camat, dan perwakilan Bawaslu, Polres Pekalongan dan Kodim Pekalongan.

Bupati Pekalongan Fadia Arafiq menyampaikan harapannya agar anggota PPK yang baru dilantik dapat menjalankan tugasnya dengan baik demi mendukung tugas KPU di tingkat kecamatan. Ia menekankan, PPK memiliki peran penting dalam memastikan distribusi logistik pemilu hingga ke tingkat desa. 

Selain itu, ia mengingatkan bahwa masyarakat saat ini lebih pintar dan lebih kritis sehingga PPK harus siap menjalankan tugas dengan baik dan transparan. Fadia juga memberikan pesan terkait pentingnya komunikasi yang baik bagi para anggota PPK serta mengingatkan mereka tentang pentingnya memastikan keakuratan data pemilih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: