Picu Naiknya Kreatinin, Berikut 5 Makanan Tinggi Natrium yang Bisa Merusak Organ Ginjalmu

Picu Naiknya Kreatinin, Berikut 5 Makanan Tinggi Natrium yang Bisa Merusak Organ Ginjalmu

Makanan tinggi natrium--Freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Makanan tinggi natrium termasuk yang bisa merusak organ ginjalmu. Karena itu, perlu untuk membatasinya agar fungsi ginjal sehat.

Makanan yang mengandung natrium tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit kronis. Sebab natrium klorida yang tinggi bisa menimbulkan penyakit darah tinggi.

Sementara penyakit darah tinggi bisa menimbulkan kerusakan pada organ ginjal. Maka agar tidak menimbulkan penyakit, sebaiknya batasi konsumsi makanan yang tinggi natrium.

Setiap harinya batas maksimal konsumsi natrium klorida ini hanya 1500 mg natrium atau setara dengan satu sendik teh. Jumlah yang sangat mudah dipenuhi setiap harinya.

BACA JUGA:10 Buah yang Dapat Menurunkan Kreatinin dan Membersihkan Ginjal yang Aman untuk Lansia! Yuk Jaga Ginjalmu

BACA JUGA:Penderita Ginjal Wajib Tahu! 5 Cara Menurunkan Kadar Kreatinin dalam Darah yang dapat Menganggu Kerja Ginjal

Jika tubuh mengonsumsi terlalu banyak natrium, maka akan merusak fungsi organ ginjal. Fungsinya sebagai penyaring darah menjadi rusak.

Bila fungsi organ ginjal rusak, maka kreatinin dalam darah meningkat. Untuk mencegahnya kamu perlu memperhatikan makanan yang dikonsumsi setiap hari.

Lantas makanan tinggi natrium apa saja yang bisa merusak organ ginjalmu? Inilah beberapa daftarnya yang perlu kamy hindari.

1. Makanan Kaleng

Makanan kaleng termasuk yang tinggi natrium. Maka bila dikonsumsi secara berlebihan bisa menurunkan fungsi organ ginjalmu. 

Khususnya dalam hal menyaring darah. Fungsi organ ginjal yang menurun tentunya akan meningkatkan jumlah kreatinin dalam darah.

Rata-rata jika diukur, makanan kaleng itu mengandung natrium sebanyak 200 sampai 700 mg per porsinya.

BACA JUGA:Inilah Jus Buah untuk Menurunkan Kadar Asam Urat Tinggi dalam Darah, Bagus untuk Lansia Atasi Nyeri Sendi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: