Kualitas Pendidikan TPQ akan Ditingkatkan

Kualitas Pendidikan TPQ akan Ditingkatkan

GEBYAR MUHARAM - Ketua Badqo TPQ Kabupaten Pekalongan Hindun memberikan hadiah kepada santri saat Gebyar Muharam, kemarin. Hadi Waluyo

KAJEN - Sebanyak 1.850 santri di Kabupaten Pekalongan khataman Alquran di Masjid Al Muhtarom di kompleks Alun-alun Kota Kajen, Minggu (1/8) pagi. Khataman Alquran ribuan santri ini dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1441 H.

Peringatan Tahun Baru Islam 1441 H di Kota Santri sendiri berlangsung semarak. Di beberapa tempat dirayakan dengan kegiatan doa bersama awal dan akhir tahun baru, pawai obor, pawai mobil hias, pentas seni islami, khataman Alquran, dan lain sebagainya.

Untuk tingkat Kabupaten Pekalongan, kegiatan peringatan tahun baru hijriyah ini dipusatkan di Masjid Al Muhtarom. Pada acara Gebyar Muharam 1441 H, khataman Alquran untuk keutuhan NKRI bekerja sama dengan Forum Komunikasi Diniyah Takmiriyah dan Badko TPQ.

Ketua DPRD Sementara selaku Ketua Badko TPQ Kabupaten Pekalongan, Hindun, menyampaikan, kegiatan peringatan 1 Muharam ini diikuti perwakilan TPQ yang berasal dari kecamatan se-Kabupaten Pekalongan, dengan kegiatan berupa khataman Alquran, pentas seni islami, dan pawai mobil hias.

"Pada kegiatan ini kurang lebih diikuti 1.850 peserta khataman," kata dia.

Sementara itu, Bupati Pekalongan Asip Kholbihi, menyampaikan, dengan peringatan tahun hijriyah ini hendaknya sarana untuk intropeksi hingga untuk meraih keberkahan di masa mendatang.

Pada tahun mendatang, lanjut Bupati, pemkab berkomiten untuk meningkatkan kualitas mutu pendidikan TPQ, baik anak didik maupun ustadz-ustadzahnya.

Bupati mengatakan, akan berusaha untuk meningkatkan bantuan pendidikan TPQ agar setiap tahunnya meningkat. "Jika pada tahun ini bantuan untuk peningkatan ustadz- ustadzah mencapai kurang lebih Rp 6 miliar, untuk tahun mendatang akan diusahakan untuk ditingkatkan," katanya. (ap5)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: