Bisa Merusak Ginjal, Inilah Daftar Makanan Tinggi Natrium yang Perlu Dihindari Lansia 60 Tahun

Bisa Merusak Ginjal, Inilah Daftar Makanan Tinggi Natrium yang Perlu Dihindari Lansia 60 Tahun

Daftar Makanan Tinggi Natrium --Freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.DISWAY.ID - Lansia usia 60 tahun perlu tahu daftar makanan tinggi natrium yang bisa merusak organ ginjal. natrium sendirki bisa mempengaruhi fungsi organ ginjal.

Perlu diketahui, bahwa natrium adalah semacam zat pendukung yang ada pada garam. Oleh karenanya natrium erat kaitannya dengan garam.

Tubuh memang memerlukan natrium untuk menyeimbangkan cairan. Jumlah yang harus dipenuhi setiap harinya adalah 1.500 mg atau setara dengan satu sendok teh garam.

BACA JUGA:Waspada, 7 Kebiasaan Yang Bisa Menyebabkan Gagal Ginjal, Ternyata Banyak Orang Sering Melakukannya

BACA JUGA:10 Buah yang Dapat Menurunkan Kreatinin dan Membersihkan Ginjal yang Aman untuk Lansia! Yuk Jaga Ginjalmu

Namun natrium menjadi masalah ketika jumlahnya melebihi batas asupan harian. Pastinya akan timbul gejala-gejala yang menganggu kesehatan tubuh.

Maka dari itu buat lansia yang sudah menginjak usia 60 tahun perlu menghindari daftar makanan tinggi natrium. Apa saja itu? Berikut daftar makanannya.

1. Makanan Kemasan Mie Instan

Mie instan merupakan makanan yang mengandung natrium tinggi. Sebaiknya dihindari karena kadar natriumnya lebih dari 1.500 mg.

Setidaknya kandungan natrium pada makanan mie instan adalah 2.300 mg. Jumlah ini melebihi kapasitas asupan harian.

Bila tetap dikonsumsi maka akan membuat kerja organ ginjal makin berat. Karena harus mengeluarkan kelebihan natrium di dalam tubuh. 

2. Makanan Kemasan Kaleng Ikan

Daftar makanan tinggi natrium selanjutnya adalah ikan kalengan. Maka bila dikonsumsi secara berlebihan bisa menurunkan fungsi organ ginjalmu. 

Khususnya dalam hal menyaring darah. Fungsi organ ginjal yang menurun tentunya akan meningkatkan jumlah kreatinin dalam darah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: