Jangan Asal! Inilah Cara Merawat Ban Mobil yang Benar agar Awet dan Tahan Lama, Nyaman saat Berkendara

Jangan Asal! Inilah Cara Merawat Ban Mobil yang Benar agar Awet dan Tahan Lama, Nyaman saat Berkendara

Jangan Asal! Inilah Cara Merawat Ban Mobil yang Benar agar Awet dan Tahan Lama, Nyaman saat Berkendara-Youtube.com/DMr. Toyotalovers-

Namun, sayangnya tetap saja banyak orang yang malas melakukannya. 

2. Periksa Tekanan Angin

Cara merawat ban mobil yang benar agar awet dan tahan lama, nyaman saat berkendara yang kedua adalah memeriksa tekanan angin. Apabila tekanan anginnya kurang usahakan untuk segera ditambah. 

Sesuaikan tekanan angin dengan angka rekomendasi yang dikeluarkan pabrikan. Umumnya tekanan angin direkomendasikan ada pada stiker di balik pintu sopir. 

Biasanya tekanan angin ban mobil standar menggunakan 32-35 psi tergantung ukuran. Jika di atas itu, biasanya ban akan menjadi lebih keras karena tekanan anginnya terlalu kencang.

BACA JUGA:Irit BBM! 4 Rekomendasi Mobil Bekas Hemat Bensin Mulai Dari 100 Jutaan Termurah dan Terbaik di Indonesia 2024

BACA JUGA:Cocok Untuk Pemula! 4 Rekomendasi Mobil Matic Bekas Merek Toyota Murah dan Berkualitas, Dijamin Kantong Aman

3. Rotasi Ban

Cara merawat ban mobil yang benar agar awet dan tahan lama, nyaman saat berkendara yang ketiga adalah melakukan rotasi ban. Ini adalah salah satu cara merawat ban mobil yang paling efektif.

Terdapat berbagai cara melakukan rotasi ban, sesuaikan dengan jenis ban yang digunakan. Rotasi ban ini sebaiknya untuk dilakukan tiap kelipatan 10.000km.  Kamu dapat membawa ke bengkel khusus ban untuk dilakukan rotasi sekaligus melakukan spooring. 

4. Spooring dan Balancing

Cara merawat ban mobil yang benar agar awet dan tahan lama, nyaman saat berkendara keempat adalah melakukan spooring dan balancing secara rutin. Perawatan ini bisa dilakukan pada mobil yang telah menempuh jarak setiap 10.000 km. 

Apabila setir mobil terasa bergetar dan tidak lurus lagi pada kecepatan tertentu, itu tandanya kamu perlu melakukan perawatan ini dalam waktu dekat. Spooring dilakukan untuk meluruskan dudukan empat roda mobil seperti semula, sedangkan balancing dilakukan untuk menyeimbangkan putaran roda pada mobil. 

BACA JUGA:Mobil Keluarga Murah yang Mesinnya Bandel Ini Cocok Dibawa Mudik Lebaran Nanti, Sudah Terbukti dan Teruji!

BACA JUGA:Masih Layak Dikendari Inilah Mobil Bekas Taksi yang Murah dan Mesinnya Bandel, Cocok untuk Mudik Lebaran!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: https://www.carmudi.co.id/journal/tips-merawat-ban-mobil/