Agar Mendapat Ilmu yang Berkah dan Manfaat, Berikut 7 Adab Menuntut Ilmu Menurut Ustaz Abdul Somad

Agar Mendapat Ilmu yang Berkah dan Manfaat, Berikut 7 Adab Menuntut Ilmu Menurut Ustaz Abdul Somad

Adab yang harus ditanamkan oleh para penuntut ilmu-Youtube @ustadzabdulsomadofficial-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Khusus untuk para pelajar, perhatikan 7 adab menuntut ilmu menurut Ustaz Abdul Somad dalam artikel berikut.

Agama Islam sangat menganjurkan umatnya untuk menuntut ilmu, karena dengan ilmu manusia akan mengetahui untuk apa ia diciptakan dan bisa bermanfaat bagi orang lain.

Dalam sebuah hadis Rasulullah SAW bersabda, "Siapa yang menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan mudahkan baginya jalan menuju surga".

Kesuksesan seseorang dalam menuntut ilmu tidak bisa dilepaskan dari adab yang ia miliki kepada gurunya.

Agar ilmu yang didapatkan itu barokah dan manfaat, seorang penuntut ilmu harus senantiasa memperhatikan adab-adab dalam mencari ilmu.

Dalam video Youtube yang diunggah oleh @ustadzabdulsomadofficial, Ustaz Abdul Somad memberikan beberapa adab yang harus dimiliki para pencari ilmu.

BACA JUGA:Malaikat Jibril Pensiun? Begini Jawaban Ustaz Abdul Somad tentang Tugas Malaikat Jibril Setelah Nabi SAW Wafat

Berikut 7 adab menuntut ilmu menurut Ustaz Abdul Somad:

1. Niat

Adab pertama yang harus dimiliki seseorang yang sedang menuntut ilmu adalah niat yang baik.

Ulama lulusan Al-Azhar itu mengutip salah satu hadis yang menerangkan tentang niat.

إِنَّمَا الأَعْمَالُ بِالنِّيَّاتِ، وَإنَّمَا لِكُلِّ امْرِىءٍ مَا نَوَى

Artinya: Sesungguhnya amal itu tergantung pada niatnya, sedangkan setiap orang akan mendapatkan sesuai dengan yang diniatkannya.

Ustaz Abdul Somad menekankan pada para pelajar agar memiliki niat yang ikhlas karena Allah SWT dalam proses menuntut ilmunya.

Niat untuk menuntut ilmu tersebut kata Ustaz Abdul Somad tidak harus diucapkan dengan lisan, di dalam hati saja sudah cukup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: