Ini Dia 5 Makanan Rendah Kalium untuk Penderita Penyakit Ginjal, Diantaranya Brokoli dan Nanas

Ini Dia 5 Makanan Rendah Kalium untuk Penderita Penyakit Ginjal, Diantaranya Brokoli dan Nanas

Makanan Rendah Kalium untuk Penderita Penyakit Ginjal --Youtube.com/Yakes Telkom

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Berikut ini macam-macam makanan rendah kalium untuk penderita penyakit ginjal, diantaranya adalah brokoli dan nanas.

Mengonsumsi makanan rendah kalium mampu mengurangi stres ginjal dan menjaga kadar kalium tetap stabil. Diet adalah kunci bagi pasien dengan penyakit ginjal.

Fungsi ginjal adalah menyaring darah dan menjaga kestabilan kadar kalium. Namun pada penderita penyakit ginjal, fungsinya tidak bekerja secara optimal.

Karena kemampuan ginjal mereka untuk menstabilkan kadar kalium berkurang secara signifikan. 

Ketika orang sehat mengonsumsi terlalu banyak kalium, ginjal mengeluarkan kelebihannya dalam urin. Namun bagi mereka yang mengalami gangguan fungsi, kadar elektrolit menjadi tidak seimbang.

BACA JUGA:Bikin Ginjal Cepat Rusak, Inilah 7 Makanan Alami yang Wajib Dibatasi Karena Mengandung Kalium Tinggi

BACA JUGA:Inilah Buah yang Rendah Kalium dan Wajib Dikonsumsi Penderita Gagal Ginjal untuk Lansia 60 Tahun

Kalium adalah mineral penting yang diperlukan untuk fungsi tubuh yang optimal. Sebagai elektrolit penting, kalium merupakan nutrisi penting untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh, fungsi otot yang penting, dan transmisi banyak sinyal saraf dalam sistem kita.

Kalium membantu mengatur dan juga menurunkan tekanan darah, sehingga berkontribusi pada kesehatan jantung. Seiring dengan natrium, kalium juga membantu menjaga stabilitas PH dalam tubuh.

Kombinasi kadar kalium rendah dan natrium tinggi mampu meningkatkan risiko penyakit jantung dan juga stroke.

Selain itu, jika kadar kalium terlalu tinggi atau rendah, hal itu meningkatkan risiko penyakit jantung yang serius, termasuk serangan jantung.

Membuat perubahan pola makan tertentu dapat membantu membatasi kadar kalium, tetapi tetap perlu mengonsumsi makanan yang mengandung mineral ini dalam jumlah yang cukup.

Makanan rendah kalium mengandung sekitar 200 mg mineral atau kurang per porsi. Berikut adalah lima rekomendasi untuk diet rendah kalium.

BACA JUGA:Apa benar Makanan Tinggi Kalium Berbahaya untuk Ginjal yang Kita Miliki? Cek Semua Faktanya di Sini!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: