Inilah 5 Daftar Makanan yang Wajib Dibatasi Selama Bulan Ramadan Bagi Penderita Gagal Ginjal

Inilah 5 Daftar Makanan yang Wajib Dibatasi Selama Bulan Ramadan Bagi Penderita Gagal Ginjal

daftar makanan yang wajib dibatasi --Freepik.com

RADARPEKALONGANDISWAY.ID - Inilah 5 daftar makanan yang wajib dibatasi selama bulan Ramadan bagi penderita gagal ginjal agar tak memperparah kondisi ginjal.

Bagi penderita gagal ginjal sangat disarankan untuk menghindari pantangan beberapa makanan tertentu yang bisa membuat sakit gagal ginjal makin menjadi-jadi.

Khususnya soal kadar kreatinin yang bisa meningkat ketika pola makan tidak terjaga dengan baik. Oleh karena itu perlu untuk membatasi atau lebih bagusnya lagi menghindari makanan tertentu.

BACA JUGA:7 Pantangan Penyakit Ginjal yang Harus Dijalani agar Kadar Kreatinin Turun

BACA JUGA:Kadar Kreatinin yang Tinggi Dapat Merusak Ginjal, Hati-hati, Ini Faktanya, Wajib Kamu Tahu

Kadar kreatinin dalam darah yang normalnya 0,5 mg/dL sampai 1,2 mg/dL, bisa naik menjadi 5 mg/dL.

Untuk mencegah hal itu, kamu perlu tahu daftar makanan yang wajib dibatasi selama bulan ramadan seperti pada jenis-jenis makanan berikut.

1. Makanan Berlemak Tinggi

Pertama makanan yang berlemak tinggi wajib sekali untuk dibatasi. Karena bisa menurunkan fungsi organ ginjal dalam menyaring darah.

Penyaringan darah yang menurun rentan memperburuk kondisi organ ginjal. Sehingga disarankan untuk menghindarinya daripada merusak fungsi ginjal.

Makanan berlemak tinggi juga bisa membuat tubuh obesitas. Tubuh yang obesitas tentunya bisa melemahkan ginjal dalam menyaring dan membuang zat limbah dari tubuh.

Makanan seperti tahu goreng, pisang goreng, tempe goreng, kripik goreng dan usus goreng mengandung lemak tinggi.

2. Makanan Tinggi Fosfor

Kedua, daftar makanan yang wajib dibatasi adalah yang mengandung tinggi fosfor. Kandungan fosfor yang tinggi bisa memicu kerusakan organ ginjal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: