Patut Bersyukur, Inilah 5 Tanda Organ Ginjal Sehat yang Harus Kamu Ketahui

Patut Bersyukur, Inilah 5 Tanda Organ Ginjal Sehat yang Harus Kamu Ketahui

Tanda organ ginjal sehat--Freepik.com

RADARPEKALONGANDISWAY.ID - Tanda organ ginjal sehat bisa dilihat dari berbagai kondisi. Mulai dari warna urine sampai gejala yang menandakan ginjal sehat

Sebuah rasa syukur bagi seseorang yang memiliki daya tahan tubuh kuat, dan organ tubuh yang sehat. Dan salah satu organ terpenting pada tubuh ialah ginjal.

Fungsi ginjal adalah untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh. namun ginjal juga mempunyai peranan vital untuk melakukan penyaringan sisa limbah dan racun.

BACA JUGA:Wajib Tahu! Ini 5 Makanan Tinggi Garam yang Bisa Menyebabkan Gagal Ginjal Kronis, Jantung, Liver, dan Stroke

BACA JUGA:Berikut 9 Ciri-ciri Ginjal Bermasalah, Apa Saja yang Dirasakan? Yuk Simak Uraiannya di Sini

Penyakit ginjal merupakan masalah kesehatan yang seringkali tidak terdeteksi dan dapat menyebabkan gejala yang sangat serius.

Penyakit ginjal yang parah mungkin memerlukan dialisis atau transplantasi ginjal. Tujuan cuci darah adalah untuk mengembalikan fungsi ginjal yang rusak.

Dalam upaya mencegah sakit ginjal, kamu perlu mempertahankan kondisi ginjal yang sehat. Berikut 5 tanda organ ginjal sehat yang harus kamu ketahui.

1. Urine Jernih

Urin normal berwarna pucat hingga kuning pucat karena pigmen urokrom, yang terbentuk ketika hemoglobin dipecah.

Ketika ginjal yang sehat berfungsi, organ-organ ini menyaring limbah dan kelebihan air dari darah. Ini kemudian diekskresikan dalam urin.

Urine yang jernih termasuk salah satu tanda organ ginjal sehat. Artinya organ ginjal masih dalam kondisi sehat.

2. Tidak Adanya Kram atau Bengkak di Bagian Tubuh

Ginjal bertugas mengatur keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh. Ketika ginjal sehat, kelebihan air dikeluarkan dari tubuh melalui urin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: