Wajib Tahu! Ini 5 Makanan Tinggi Garam yang Bisa Menyebabkan Gagal Ginjal Kronis, Jantung, Liver, dan Stroke

Wajib Tahu! Ini 5 Makanan Tinggi Garam yang Bisa Menyebabkan Gagal Ginjal Kronis, Jantung, Liver, dan Stroke

makanan tinggi garam yang bisa menyebabkan gagal ginjal-ilustrasi makanan tinggi garam yang bisa menyebabkan gagal ginjal-freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Tahukah kalian ada banyak makanan tinggi garam yang bisa menyebabkan gagal ginjal kronis bila dikonsumsi secara berlebihan.

Untuk itulah penting bagi kalian untuk berhati-hati dalam membatasi makanan tinggi garam tersebut agar tidak terjadi komplikasi yang membahayakan tubuh.

Garam sendiri merupakan mineral kristal yang terbuat dari natrium atau sodium dan klorida. Tidak hanya digunakan sebagai bumbu pelengkap makanan agar lebih lezat, namun garam ini juga dapat dijadikan sebagai bahan pengawet makanan.

Selain itu, kandungan natrium dan klorida ini juga bermanfaat untuk mengatru keseimbangan cairan dan elektrolit dalam tubuh, mendukung kinerja dan fungsi saraf, serta mengendalikan kontraksi otot tubuh.

BACA JUGA:8 Manfaat Kulit Melinjo untuk Kesehatan, Cegah Asam Urat hingga Jaga Kesehatan Ginjal

BACA JUGA:Berikut 5 Sayuran yang Bisa Bikin Ginjal Rusak Makin Parah Karena Mengandung Kalium Tinggi

Meskipun memiliki banyak manfaat, namun kita tetap harus membatasi dalam mengonsumsi garam dalam tubuh.

Sebab, manfaat garam ini baru bisa kalian peroleh asalkan kalian mengonsumsi garam dalam takaran yang sesuai, yakni tidak lebih dari 1 sendok teh atau setara dengan 1500 mg/hari.

Thukah kalian, makanan tinggi garam ini tidak selalu berasal dari makanan yang rasanya asin loh. Makanan tinggi garam ini juga bisa berasal dari beberapa hal.

Beberapa diantaranya adalah makanan yang banyak mengandung bahan tertentu seperti baking soda, MSG, baking powder, natrium sitrat, natrium alginat, natrium nitris, hingga dinatrium fosfat.

BACA JUGA:Sayuran yang Wajib Dikonsumsi Penderita Gagal Ginjal untuk Lansia 60 Tahun

BACA JUGA:7 Pantangan Penyakit Ginjal yang Harus Dijalani agar Kadar Kreatinin Turun

Adapun makanan tinggi garam yang bisa menyebabkan gagal ginjal yang dapat kalian temui serta mungkin menjadi favorit kalian yakni sebagai berikut:

1. Makanan Cepat Saji

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: