Sayuran yang Wajib Dikonsumsi Penderita Gagal Ginjal untuk Lansia 60 Tahun

Sayuran yang Wajib Dikonsumsi Penderita Gagal Ginjal untuk Lansia 60 Tahun

Sayuran yang wajib dikonsumsi --Freepik.com

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Sayuran yang wajib dikonsumsi penderita gagal ginjal pastinya mengandung kalium yang rendah. Kalium rendah akan meringankan fungsi ginjal.

Berbeda halnya jika sayuran yang mengandung kalium tinggi, sudah pasti akan memberatkan organ ginjal dan merusak fungsinya.

Pasalnya, sayuran tinggi kalium ini rentan membuat tekanan darah naik. Ketika tekanan darah naik, maka yang terjadi ginjal harus bekerja dua kali lebih keras.

BACA JUGA:Begini 4 Manfaat Air Putih untuk Ginjal yang Ampuh Membuang Zat Limbah dari Tubuh

BACA JUGA:Inilah Manfaat Kebiasaan Minum Air Putih Setiap Hari untuk Kesehatan Ginjal di Usia 50 Tahun

Organ ginjal yang bekerja dua kali lebih keras ini akan membuat fungsinta menjadi cepat rusak. Maka dari itu tidak disarankan untuk lansia yang menderita gagal ginjal.

Lantas apa saja sayuran yang wajib dikonsumsi pendetita gagal ginjal? Khususnya  orang tua yang sudah berusia 60 tahun.

1. Sayur Lobak

Perlu diketahui kalium dan fosfor bisa membuat kerja organ ginjal semakin berat. Kerja ginjal yang berat ini bisa bikin organ ini cepat rusak.

Sayuran lobak mengandung natrium 23 mg, kalium 135 mg dan fosfor 12 mg. Salah satu makanan yang dapat menurunkan risiko sakit. 

Kandungan kallium yang tergolong rendah ini tidak akan merusak kondisi ginjal. Sayur lobak masih bisa dikonsumsi oleh penderita gagal ginjal kronis.

2. Sayuran Arugula

Sayuran yang wajib dikonsumsi penderita gagal ginjal salah satunya arugula. Sayur yang sering ditemui di pekarangan rumah ini rupanya bermanfaat untuk tubuh.

Kandungan gizi sayuran arugula termasuk yang rendah kalium. Sehingga aman untuk kerja organ ginjal.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: