Jadi Tradisi Jelang Ramadan, Warga Berduyun-duyun Cuci Karpet Masjid dan Musala di Bendungan Kramat Batang

Jadi Tradisi Jelang Ramadan, Warga Berduyun-duyun Cuci Karpet Masjid dan Musala di Bendungan Kramat Batang

Jadi Tradisi Jelang Ramadan, Warga Berduyun-duyun Cuci Karpet Masjid dan Musala di Bendungan Kramat Batang-IST-IST

BATANG, RADAR PEKALONGAN.DISWAY.ID - Jelang ramadan, warga berduyun-duyun cuci karpet masjid dan musala di Bendungan Kramat BATANG. Hal ini seperti terlihat pada Jumat Pagi, 8 Maret 2024. 

Kegiatan ini pun sudah menjadi salah satu tradisi yang dilakukan warga sekitar menyambut Ramadan. Sehingga nantinya karpet bisa digunakan untuk beribadah selama bulan Ramadan. 

Tradisi ini biasanya mulai dilakukan warga mulai seminggu jelang Ramadan. Bagi yang memiliki banyak karpet, dalam sehari bisa dilakukan beberapa shift pencucian karpet. 

"Ini memang sudah tradisi, kita laksanakan setahun sekali menyambut bulan ramadan lah, kita bersih-bersih juga gotong royong guyub warga," tutur Takmir musala Darul Muta'alimin Kasepuhan Batang, Dasudin saat diwawancarai di sela cuci karpet. 

Ia menyebut kegiatan ini dilakukan agar memberikan kenyamanan saat beribadah.

"Karpet ini kan dipakai setiap hari, bulan suci ramadan ini kan dinantikan setiap tahunnya dan disambut dengan suka cita, Untuk itu kami melakukan bersih-bersih musala, dan cuci karpet agar ketika beribadah untuk salat tarawih nanti warga bisa nyaman," tuturnya.

Momen cuci karpet menjelang bulan ramadan ini juga disambut antusias oleh warga. Dipilihnya sungai kramat memang karena tempat yang luas, dan airnya pun cukup bersih.

"Antusiasnya senang sekali, banyak yang membantu bahkan anak-anak juga ikut bantu, ya ini jadi momen juga untuk warga saling guyub, daripada kita laundry harus keluarkan ongkos, di sini gratis sekalian bisa melihat bendungan," tandasnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar pekalongan