Begini 3 Tips Membatasi Asupan Natrium agar Ginjal Tetap Sehat di Usia 60-an

Begini 3 Tips Membatasi Asupan Natrium agar Ginjal Tetap Sehat di Usia 60-an

Tips Membatasi Asupan Natrium--Freepik.com

RADARPEKALONGANDISWAY.ID - Tips membatasi asupan natrium ini mesti dilakukan agar organ ginjal tetap dalam kondisi sehat, bahkan kalau bisa sampai usia tua nanti.

Ginjal merupakan salah satu organ yang memainkan peranan penting dalam tubuh. Menyaring darah agar terbebas dari racun limbah.

Berkat perannya sebagai penyaring dan pembuang limbah di dalam tubuh, maka penting sekali buat menjaga kesehatan organ ini.

Oleh karena itu organ ini mesti dijaga dan dirawat agar kesehatannya selalu terjaga. Salah satunya dengan menjaga asupan natrium agar tak berlebihan di dalam tubuh.

BACA JUGA:Wajib Tahu! Ini 5 Makanan Tinggi Garam yang Bisa Menyebabkan Gagal Ginjal Kronis, Jantung, Liver, dan Stroke

BACA JUGA:8 Pilihan Obat Herbal untuk Pengobatan Batu Ginjal, Dapat Dikonsumsi untuk Meluruhkan Batu Ginjal dengan Cepat

Kandungan natrium yang berlebih di dalam tubuh bisa memperburuk kondisi ginjal. Sebab natrium bisa menyerap cairan di dalam tubuh.

Ketika kadar natrium terlalu tinggi maka yang terjadi adalah dehidrasi. Dehidrasi bisa mengakibatkan penurunan pada fungsi ginjal.

Oleh karena itu tubuh membatasi konsumsi natrium sebanyak 1.500 mg dan batas maksimal 2.300 mg. 

Bila kadar natrium lebih dari yang disarankan oleh dokter, maka ginjal rawan terjadi gangguan. Penting untuk tahu hal ini agar ginjal tetap sehat.

Lantas, apa saja tips membatasi asupan natrium agar jumlahnya tak melebihi yang ditentukan? Yuk simak ulasannya berikut ini.

1. Penuhi Garam Lewat Buah dan Sayuran

Ada satu tips membatasi asupan natrium agar jumlahnya tak melebihi batas yang diinginkan. Diantaranya dengan memenuhi garam atau natrium lewat sumber makanan alami.

Sumber makanan alami tersebut diantaranya buah dan sayuran. Ada beberapa sayuran dan buah yang mengandung garam alami.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: