Apakah 'Ngupil' Membatalkan Puasa? Inilah Lubang yang Harus Dijaga Selama Berpuasa Menurut Ustaz Adi Hidayat

Apakah 'Ngupil' Membatalkan Puasa? Inilah Lubang yang Harus Dijaga Selama Berpuasa Menurut Ustaz Adi Hidayat

Apakah 'Ngupil' Membatalkan Puasa? Inilah Lubang yang Harus Dijaga Selama Berpuasa Menurut Ustaz Adi Hidayat-Tangkap layar -YouTube Adi Hidayat official

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Apakah 'ngupil' atau membersihkan kotoran di hidung membatalkan puasa? Di sini Ustaz Adi Hidayat jelaskan lubang di tubuh kita yang harus dijaga selama berpuasa Ramadan.

Mengutip dari akun youtube adihidayatofficial berisi ceramah Ustaz Adi Hidayat yang menyampaikan tentang hal-hal yang membatalkan puasa Ramadan, diantara ada kaitan dengan lubang yang ada pada tubuh.

Ustaz Adi Hidayat menjawab pertanyaan dari jamaah tantang hal yang membatalkan puasa Ramadan, yang diantaranya adalah membersihkan kotoran hidung atau 'ngupil'.

Lalu, apakah 'ngupil' atau membersihkan kotoran hidung bisa membatalkan puasa Ramadan?

BACA JUGA:Bolehkah Salat Tarawih Ngebut? Begini Hukum Salat Tarawih Ngebut atau Cepat Menurut Ustaz Adi Hidayat

BACA JUGA:Sambut Ramadan dengan Doa Khusus dari Rasulullah, Ustaz Adi Hidayat Bagikan Bacaan Doa beserta Manfaatnya

Berikut penjelasan singkat dan mudah dipahami dari Ustaz Adi Hidayat tentang hal-hal yang membatalkan puasa:

Menurut Ustaz Adi Hidayat untuk memudahkan pemahaman tentang hal yang membatalkan puasa adalah dengan menjaga lubang yang ada di tubuh kita supaya tidak ada sesuatu hal apapun yang masuk ke dalamnya.

Pertama, lubang yang harus dijaga adalah mulut. Semua yang masuk ke dalam mulut hingga sampai kerongkongan, menurut Ustaz Adi Hidayat hal tersebut akan membatalkan puasa Ramadan.

Makan, minum dan kegiatan apapun yang memasukkan benda ke dalam mulut hingga kerongkongan akan menjadikan batal puasanya. Kecuali jika hal tersebut tidak sengaja dilakukan.

Kedua, lubang kelamin. Dalam hal ini adalah kegiatan berhubungan badan di siang hari selama puasa Ramadan. Berhubungan badan menjadi penyebab batalnya ibadah puasa Ramdan. Bahkan menurut Ustaz Adi Hidayat bagi yang berhubungan badan tersebut dikenai hukuman atau kafarat.

Menurut Ustaz Adi Hidayat Kafarat adalah bisa dengan mengganti puasa 2 bulan berturut-turut atau memberi makan 60 orang miskin.

BACA JUGA:Bagaimana Cara Mengetahui Seseorang Termasuk Ahli Surga atau Ahli Neraka Menurut Ustaz Adi Hidayat

BACA JUGA:Apakah Amalan Terbaik Bagi Orang Tua yang Sudah Meninggal? Ustaz Adi Hidayat Bagikan Amalan Khusus Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: