Awal Ramadan Harga Ayam di Pasar Batang Tembus Rp44 Ribu Per Kilogram

Awal Ramadan Harga Ayam di Pasar Batang Tembus Rp44 Ribu Per Kilogram

Awal Ramadan Harga Ayam di Pasar Batang Tembus Rp44 Ribu Per Kilogram-IST-IST

BATANG, RADAR PEKALONGAN.DISWAY.ID - Awal Ramadan, harga ayam potong di Pasar BATANG naik hingga Rp44 Ribu per kilogramnya. Padahal normalnya harga ayam dibanderol di kisaran Rp36-38 Ribu per kilogramnya. 

Kenaikan harga terjadi hampir setiap hari hingga membuat pedagang dan konsumen mengeluh. Hal ini seperti dikeluhkan Marni, salah satu pedagang ayam di pasar Batang. Diakuinya kenaikan harga ini berdampak pada berkurangnya omset. 

“Dua pekan lalu masih Rp36 ribu sekarang sudah jadi Rp43 ribu. Namun kenaikan tahun ini adalah yang tertinggi, dibandingkan masa Ramadan tahun lalu, yang kenaikannya hanya mencapai Rp38 ribu per kilogramnya,” katanya, saat ditemui di Pasar Batang, Kabupaten Batang, Selasa 12 Maret 2024. 

BACA JUGA:Tersedia di Pasar Grogolan Kota Pekalongan, Ini Dia Buah yang Dapat Sembuhkan Sakit Ginjal

Jumlah pembeli menurun drastis dibandingkan Ramadan tahun lalu. Hal itu disebabkan karena tingginya harga ayam potong, sehingga konsumen mengurangi jumlah pembelian.

Sementara itu, Salah satu konsumen Dewi mengaku, selama Ramadan tetap membeli ayam potong untuk memenuhi kebutuhan menu sahur keluarganya. 

“Kebetulan anak-anak yang suka ayam dimasak ayam kecap, tapi porsinya sedikit dikurangi karena harganya naik,” ungkapnya.

BACA JUGA:Beras Mulai Turun di Kabupaten Pekalongan, Gula, Daging Ayam dan Telur Naik

Para pedagang dan konsumen tetap mengharapkan agar pemerintah memberikan perhatian khusus agar selama Ramadan harga ayam tetap stabil, mengingat banyaknya warga yang membeli untuk kebutuhan menu sahur maupun berbuka puasa. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar pekalongan