Inilah Daftar Pantangan Penderita Penyakit Ginjal yang Harus Dihindari, Bisa Memperparah Kondisi Tubuh

Inilah Daftar Pantangan Penderita Penyakit Ginjal yang Harus Dihindari, Bisa Memperparah Kondisi Tubuh

Pantangan Penderita Penyakit Ginjal yang Harus Dihindari--Youtube.com/Saddam Ismail

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Yuk simak daftar pantangan penderita penyakit ginjal yang harus dihindari mulai dari sekarang.

Salah satu hal yang perlu dilakukan oleh penderita penyakit ginjal adalah mengubah pola hidup dan pola makannya menjadi lebih sehat.

Hal ini dilakukan agar ginjal tidak bekerja terlalu intensif dan kondisi tubuh tidak memburuk. Jadi, pantangan apa yang harus dihindari oleh penderita penyakit ginjal?

Pola hidup sehat diperlukan untuk mengatasi gejala penyakit ginjal dan mencegah risiko komplikasi.

Oleh karena itu, kesadaran akan tabu mana yang harus dihindari ketika sakit ginjal diperlukan untuk meningkatkan kualitas hidup. Inilah yang harus kamu kurangi atau tidak lakukan agar kesehatan ginjal tidak memburuk.

BACA JUGA:Berikut Rekomendasi Sayur untuk Sahur yang Aman Buat Sakit Ginjal, Bantu Turunkan Kreatinin!

BACA JUGA:Ini Dia Jenis Makanan yang Bermanfaat bagi Penderita Sakit Ginjal yang Dapat Dikonsumsi Lansia Kapan Saja

1. Penggunaan obat penghilang rasa sakit berlebihan

Salah satu pantangan yang harus dihindari penderita sakit ginjal adalah obat penghilang rasa sakit yang berlebihan.

Jenis obat penghilang rasa sakit (analgesik), seperti NSAID (obat anti inflamasi), justru dapat mengurangi rasa sakit. Namun, obat ini justru bisa memperburuk kondisi ginjal.

Konsumsi obat penghilang rasa sakit yang berlebihan seperti ibuprofen justru dapat menurunkan fungsi ginjal dan mengurangi aliran darah ke ginjal.

Jika dilanjutkan dalam waktu lama, risiko gagal ginjal kronis juga meningkat. Biasanya, ada peringatan pada label bahwa obat penghilang rasa sakit yang dijual bebas tidak boleh digunakan lebih dari 10 hari.

Jika kamu tidak dapat melepaskan analgesik, kamu harus berkonsultasi dengan dokter. Dengan demikian, dokter dapat meresepkan obat apa saja yang perlu diminum agar kondisi ginjal tidak memburuk.

2. Konsumsi terlalu banyak garam

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: