Lazismu Tasarufkan Zakat untuk Beasiswa 94 Pelajar

Lazismu Tasarufkan Zakat untuk Beasiswa 94 Pelajar

SERAHKAN - Ketua PD Muhammadiyah Kota Pekalongan, Pasrum Affandi didampingi sejumlah pengurus saat menyerahkan pentasarufan zakat dari Lazismu dalam bentuk beasiswa kepada perwakilan sekolah, Senin (23/9).

KOTA - Lazismu Kota Pekalongan melakukan pentasarufan zakat dalam bentuk beasiswa kepada 94 pelajar SD, SMP, MTs dan SMK. Pentasarufan secara simbolis diserahkan oleh Ketua PD Muhammadiyah Kota Pekalongan, Pasrum Affandi di Kantor PD Muhammadiyah, Senin (23/9). Pentasarufan juga dihadiri sejumlah pengurus PD Muhammadiyah, Hasan Bisri, Ketua Majelis Dikdasmen PD Muhammadiyah, Suparto dan Manajer Program Lazismu, Sugeng Sutikno.

Pasrum mengatakan, dalam pentasarufan beasiswa tahun ini ada peningkatan baik dari jumlah siswa penerima maupun nominal yang diterimakan. Tahun ini untuk siswa SD mendapatkan beasiswa sebesar Rp500 ribu per anak, siswa SMP dan MTs sebesar Rp800 ribu per anak dan siswa SMK sebesar Rp1,3 juta per anak.

"Alhamdulillah hari ini kami tasarufkan beasiswa bagi siswa SD, SMP, MTs dan SMK. Kami harapkan beasiswa ini dapat membantu para siswa yang kurang mampu. Paling tidak ini dapat menggantikan biaya SPP. Selama ini mereka juga sudah mendapatkan BOS dari sekolah dan dengan adanya beasiswa ini maka beban mereka akan semakin ringan," tuturnya.

Para siswa yang menerima beasiswa, lanjutnya, merupakan mereka yang sudah melalui verifikasi melalui bukti sebagai KK miskin maupun sebagai penerima bantuan PKH.

Pasrum menambahkan, selama ini jumlah penerima maupun nominal beasiswa yang diberikan terus mengalami kenaikan. Namun tahun ini, ada beberapa sekolah yang tidak terpenuhi jumlahnya. "Per sekolah kami targetkan 10 siswa penerima. Namun ada beberapa sekolah yang tidak mencapai 10 siswa. Nanti akan coba kami evaluasi apakah ini karena sasarannya memang sudah berkurang atau ada hal lain yang mempengaruhi," jelas Pasrum.

Berdasarkan data Lazismu, ada 8 sekolah yang menjadi sasaran pentasarufan beasiswa yakni SD Muhammadiyah 02 Noyontaan, SD Muhammadiyah 01 Kuripan Kidul, SD Muhammadiyah 01 Kandang Panjang, SD Muhammadiyah 01 Kramatsari, SD Aisyiyah Qurrota Ayun, SMP Muhammadiyah Kota Pekalongan, MTs Muhammadiyah Kota Pekalongan dan SMK Muhammadiyah Kota Pekalongan. Total beasiswa yang ditasarufkan sebesar Rp77 juta.

Selain untuk beasiswa, Pasrum mengatakan zakat dari Lazismu juga disalurkan untuk korban bencana, membantu modal usaha bagi pedagang kecil sebagai stimulan untuk peningkatan ekonomi. "Yang lainnya, kami tasarufkan ke masing-masing ranting dimana mereka yang turut menghimpun zakat kami berikan alokasi untuk ditasarufkan di lingkungan sekitarnya," tandasnya.(nul)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: