Lengkap, Muhammadiyah Sudah Miliki 15 Kepengurusan Cabang di Batang

Lengkap, Muhammadiyah Sudah Miliki 15 Kepengurusan Cabang di Batang

*PCM Tulis Siap Bersinergi Majukan WIlayah

DIKUKUHKAN - Pengukuhan Anggota PCM Muhamadiyah Tulis di Lapangan Kenconorejo Tulis

BATANG - Setelah lama dipersiapkan, kepengurusan terakhir Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) di Kabupaten Batang, yakni PCM Tulis, akhirnya resmi dikukuhkan sepaket dengan Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA), Minggu (24/11). Dengan lahirnya PCM Tulis tersebut, maka Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) saat ini telah genap memiliki 15 kepengurusan cabang.

Kegiatan pengukuhan dibalut sekaligus dengan pengajian umum Ahad Pagi yang diisi langsung Ketua PDM Batang, Drs H Nasikhin MH. Acara juga dihadiri pengurus, kader, dan simpatisan persyarikatan dari sejumlah cabang, Camat Tulis dan Forkompincam.

Diwawancarai setelah kegiatan, Ketua PDM Batang, Nasikhin menjelaskan jika PCM Tulis ini adalah pengukuhan PCM terakhir di Batang. Sehingga dengan pengukuhan ini sudah seluruh kecamatan di Batang masuk dalam kepengurusan PCM di wilayah PDM Batang.

"Tulis ini adalah PCM terakhir yang kami kukuhkan. Prosesnya panjang dengan pasang surutnya, akhirnya di November 2019 ini Alhamdulillah bisa dilantik dan bisa terwujud. Dengan dilantiknya PCM di Kecamatan Tulis ini, lengkap sudah kepengurusan Muhammadiyah di tingkat Kecamatan," terang Nasikhin.

Dia juga menyampaikan apresiasi dan terima kasihnya kepada masyarakat Desa Kenconorejo dan secara umum Kecamatan Tulis, termasuk jajaran Camat dan Forkompincam, yang telah membantu acara sehingga berjalan dengan sukses.

"Meski sempat ada dinamika di bawah, tetapi alhamdulillah acara tetap berlangsung khidmat dan sukses. Insya Allah Muhammadiyah hadir tidak untuk meniadakan yang lain, kita bisa saling bersinergi, ta'awun untuk membangun Kecamatan Tulis sesuai potensi kita masing-masing," terang Sekda Batang itu.

Nasikhin berharap agar pelantikan bukan sekadar simbolis saja. Tetapi ke depannya PCM Tulis juga bisa memiliki kegiatan rutin dan juga turut ambil peran dalam membangun masyarakat sekitar.

"Setelah dilantik ini tidak hanya sekadar papan nama. Tetapi punya kegiatan, khususnya kegiatan rutin seperti pengajian. Selain itu juga melaksanakan amal usaha di berbagai bidang seperti di pendidikan, pembangunan masjid atau kegiatan lainnya. Semisal belum mampu, boleh juga berkolaborasi dengan PCM lain, yang penting memiliki kegiatan rutin," imbuh Nasikhin.

Ia juga berharap hadirnya kepengurusan Muhammadiyah di Tulis dapat membangkitkan semangat masyarakat untuk bergerak, sehingga bisa mendukung Batang lebih maju. Terlebih, ke depannya Kecamatan Tulis juga akan ambil peran dalam dunia investasi Batang.

Sementara itu, Ketua PCM Tulis, Eko Suharyanto menjelaskan, saat ini kepengurusan baru tengah berusaha untuk merangkul kader Muhammadiyah di tingkat ranting. Pasalnya di Tulis sendiri masih ada delapan dari 17 ranting yang belum memiliki kepengurusan di tingkat ranting.

"Ke depannya kami akan mewujudkan cita-cita kami bisa berkontribusi untuk masyarakat. Kami akan bersinergi dengan pemerintah Kecamatan juga untuk membangun Tulis. Selain itu, kami juga fokus untuk merangkul kader dan anggota Muhammadiyah di tingkat ranting yang ada di Tulis. Sehingga harapannya nantinya seluruh desa di Tulis juga sudah memiliki kepengurusan ranting. Dan nantinya tiap bulannya kami gelar kegiatan rutin pula," tandasnya. (nov).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: