Pulihkan Trauma Anak Korban Banjir Bandang Wangandowo, PMI Kabupaten Pekalongan Gelar Trauma Healing

Pulihkan Trauma Anak Korban Banjir Bandang Wangandowo, PMI Kabupaten Pekalongan Gelar Trauma Healing

PMI Kabupaten Pekalongan lakukan trauma healing ke korban banjir bandang di Desa Wangandowo.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Guna pulihkan rasa trauma anak-anak korban banjir bandang di Desa Wangandowo Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan, PMI Kabupaten Pekalongan gelar trauma healing di desa itu, Jumat, 22 Maret 2024.

Puluhan anak korban banjir bandang Desa wangandowo Kecamatan Bojong Kabupaten Pekalongan mendapat pemulihan trauma berupa psychosocial support programme (PSP) dari sukarelawan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pekalongan.  

Sukarelawan PMI Kabupaten Pekalongan Gigih Sarwoedhie mengatakan, pelayanan pendamping PSP itu untuk menghibur anak-anak dari rasa kesedihan dan mengembalikan senyum ceria mereka setelah kejadian banjir bandang dahsyat beberapa waktu lalu.

Pelayanan trauma healing ini diberikan kepada anak-anak para korban yang berada lokasi terjadinya banjir bandang Wangandowo Bojong. Ada beragam cara untuk menghibur anak-anak korban banjir, kata gigih, diantaranya dengan cara permainan edukatif, bernyanyi, serta menggambar.

Baca juga:Di Hadapan DPRD Kabupaten Pekalongan, Korban Banjir Bandang Menangis dan Mengaku Alami Trauma Mendalam

"Kami berharap mereka dapat menerima kenyataan dengan tetap memiliki semangat dan mental yang kuat," ucap Gigih.

Sementara itu, Wakil Ketua PMI Kabupaten Pekalongan Bambang Ruswanto yang turut hadir bersama relawan di tengah-tengah masyarakat terdampak banjir menyebut bahwa kegiatan ini merupakan inisiatif relawan-relawan yang dimiliki oleh PMI Kabupaten Pekalongan dan juga didukung secara penuh oleh pihak PT Hardases Abadi Indonesia (HAI) sebagai wujud pertanggungjawaban pihak PT untuk para korban terdampak banjir.

"Kami dari PMI Kabupaten Pekalongan hari ini hadir secara langsung untuk memberikan pendampingan bagi adik-adik kita korban terdampak banjir sebagai upaya untuk memulihkan trauma mereka," katanya. 

Ada beragam kegiatan yang disusun oleh relawan PMI Kabupaten Pekalongan, mulai dari fun game, pemeriksaan kesehatan gratis, hingga pembagian hadiah untuk warga. Kegiatan diakhiri dengan buka puasa bersama antara korban banjir bersama relawan PMI dan perwakilan PT HAI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: