Bagaimana Tips Belajar Mobil Manual untuk Perempuan Agar Makin Lancar? Simak Inilah Ulasannya!

Bagaimana Tips Belajar Mobil Manual untuk Perempuan Agar Makin Lancar? Simak Inilah Ulasannya!

Bagaimana Tips Belajar Mobil Manual untuk Perempuan Agar Makin Lancar? Simak Inilah Ulasannya!-Youtube.com/Vera Kursus Mengemudi-

Kamu dapat mengatur posisi duduk dengan memaju-mundurkan kursi supir. Apabila terlalu rendah, kamu dapat menambahkan bantal duduk yang nyaman. 

4. Wajib Mengenal Pedal Utama

Tips belajar mobil manual untuk perempuan keempat adalah wajib mengenal pedal utama. Pada mobil manual, pedal terdiri dari gas, kopling, dan rem.

Sebelum memulai menjalankan mobil, sebaiknya  kamu berlatih koordinasi dalam menggunakan ketiga pedal tersebut. Ulangi terus hingga kamu telah hafal dan merasa nyaman. 

5. Mengetahui Teknik Kopling

Tips belajar mobil manual untuk perempuan kelima adalah mengetahui teknik kopling. Penggunaan kopling pada mobil manual memang punya peranan yang cukup penting. 

Oleh karena itu, kamu perlu memahami teknik mengoperasikan kopling dengan baik. Ketika menginjak pedal kopling, lakukan secara bertahap dan pastikan kamu merasakan titik bite (ketika kopling mulai menghubungkan mesin dengan transmisi). 

Jangan terlalu cepat melepaskan pedal kopling supaya tidak membuat mesin mati atau mobil mogok. Ketika mulai melepaskan pedal kopling, kamu dapat juga j berlatih menginjak pedal gas secara perlahan supaya mobil bisa maju.

6. Berlatih Menggunakan Gigi

Tips belajar mobil manual untuk perempuan keenam adalah berlatih menggunakan gigi. Berbeda dengan mobil matic yang sistem transmisinya otomatis, mobil manual sistem transmisinya harus diubah secara manual untuk memperoleh kecepatan sesuai yang diinginkan.

Mulailah dengan mengemudikan mobil dalam kondisi diam terlebih dahulu. Lalu, berlatih untuk memindahkan tuas persneling dari netral ke gigi pertama, lalu lepaskan kopling perlahan ketika kamu menambahkan sedikit gas. 

Ketika sudah lancar, latih perpindahan gigi secara berurutan sampai gigi yang lebih tinggi.

7. Berlatih di Jalanan Tanjakan

Tips belajar mobil manual untuk perempuan ketujuh adalah berlatih di jalanan tanjakan. Latihan di jalanan tanjakan akan membantu kamu memahami teknik penggunaan kopling dan gas yang baik. 

Cobalah untuk berhenti dan mulai lagi di tanjakan dengan mulai dari gigi pertama. Latih kembali koordinasi antara kopling, rem, dan gas supaya mobil tidak mundur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: