Siapkan Libur Lebaran, Disparpora Batang Minta Pengelola Tingkatkan Keamanan Wisata

Siapkan Libur Lebaran,  Disparpora Batang Minta Pengelola Tingkatkan Keamanan Wisata

Yarsono, Kepala Disparpora Batang-Dhia Thufail-

BATANG, RADAR PEKALONGAN – Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga (Disparpora) Kabupaten BATANG, Jawa Tengah, telah mengambil langkah proaktif dengan merilis surat edaran yang berfokus pada keselamatan pengunjung di berbagai objek wisata di wilayah tersebut.

Surat edaran tersebut, yang dikeluarkan kepada pengelola wisata di Kabupaten Batang, menyoroti beberapa hal krusial yang perlu dipersiapkan menjelang masa liburan panjang tersebut. Surat edaran ini mencakup beragam SOP (Standar Operasional Prosedur) pelayanan di objek wisata. Mulai dari kelaikan wahana, kewaspadaan terhadap kondisi cuaca, hingga kewaspadaan di pesisir pantai termasuk gelombang laut.

"Kita juga mengimbau agar pemilik atau pengelola wisata, khususnya yang berlokasi di pantai, memasang rambu-rambu atau tanda bahaya laut. Begitu juga untuk wilayah darat, perlu meningkatkan kewaspadaan terutama di daerah pegunungan atau perbukitan terkait potensi bencana seperti tanah longsor, angin kencang, dan lain sebagainya," ungkap Kepala Disparpora Batang, Yarsono, Minggu, 24 Maret 2024. 

Selain menggarisbawahi keselamatan, Disparpora Batang juga meminta pengelola wisata untuk meningkatkan kewaspadaan terhadap potensi banjir, angin kencang, serta bencana alam lainnya. Pelayanan yang ramah kepada pengunjung juga menjadi fokus, dengan penerapan konsep SAPTA PESONA.

"Kami sebagai Dinas yang menangani dan bertanggung jawab atas kepariwisataan dalam menyambut Idul Fitri 1445 H, sudah semestinya mempersiapkan objek wisata di Kabupaten sebaik mungkin. Baik objek wisata yang dikelola oleh Pemkab Batang maupun pengelola wisata lainnya," tegas Yarsono.

Lebih lanjut, Yarsono menekankan pentingnya koordinasi yang intensif dengan berbagai pihak terkait, termasuk instansi pemerintah daerah (OPD) dan pihak keamanan. Untuk itu, dalam minggu ini, direncanakan akan dilaksanakan rapat koordinasi persiapan kepariwisataan menjelang lebaran 1445 H, dengan fokus pada keamanan dan kenyamanan bagi para pengunjung. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: radar pekalongan