Harus Segera Di Servis! Kenali, Inilah 5 Penyebab dan Tanda-tanda Turun Mesin yang Sebaiknya Diketahui

Harus Segera Di Servis! Kenali, Inilah 5 Penyebab dan Tanda-tanda Turun Mesin yang Sebaiknya Diketahui

Harus Segera Di Servis! Kenali, Inilah 5 Penyebab dan Tanda-tanda Turun Mesin yang Sebaiknya Diketahui-Youtube.com/Surya Jusrizal-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Harus segera di servis! Kenali, Inilah 5 penyebab dan tanda-tanda turun mesin yang sebaiknya diketahui. Penasaran apa saja? Yuk, langsung saja kita bahas ya!

Saat kamu melakukan servis motor di bengkel, tentunya tidak ingin mendengar istilah “turun mesin”. Karena istilah itu menandakan bahwa kamu harus mengeluarkan dana sampai jutaan rupiah untuk mengembalikan mesin ke kondisi normal dan dapat berfungsi kembali.

Oleh karena itu, kamu wajib menjaga motor dan komponen-komponennya, terutama mesin supaya tidak mengalami turun mesin. Servis turun mesin memang sangatlah mahal karena itu merupakan masalah serius pada motor.

Harus Segera Di Servis! Kenali, Inilah 5 Penyebab dan Tanda-tanda Turun Mesin yang Sebaiknya Diketahui, 

Penyebab Turun Mesin:

1. Jarang/Tidak Pernah Ganti Oli

Penyebab turun mesin pertama adalah jarang atau tidak pernah ganti oil. Oli mesin berfungsi untuk melumasi komponen di dalamnya sehingga mengurangi gesekan. 

BACA JUGA:All New Daihatsu Xenia 2024 Hadir dengan Banyak Keunggulan, Nyaman untuk Mudik Lebaran Bersama Keluarga!

BACA JUGA:3 Rekomendasi Mobil Bekas Nissan Murah dan Terbaik Mulai Dari 100 Juta, Siap Bersaing Dengan Honda dan Toyota

Adanya oli pada mesin juga bisa membuat suhu mesin lebih rendah sehingga menghindari overheat yang bisa mengakibatkan mesin motor menjadi mogok. Oleh karena itu, oli motor perlu diganti setelah 4.000 km atau empat bulan sekali. 

Namun, perhatikan pula seberapa sering kamu menggunakannya. Apabila berkendara di tempat yang macet dan cuaca panas, kamu perlu mengganti oli setiap dua bulan atau ketika motor kamu sudah melakukan 2.500 km.

2. Tidak Pernah Servis Lengkap

Penyebab turun mesin kedua adalah tidak pernah servis lengkap. Servis ini bisa menghilangkan kerak di ruang pembakaran mesin motor. 

Oleh karena itu, mesin punya kinerja yang lebih baik dan emisi gas yang dihasilkan juga lebih sedikit. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: