Kamu Gampang Jerawatan? Yuk Kenali Dulu Jenis Kulit Acne Prone dan 5 Cara Jitu Penanganannya

Kamu Gampang Jerawatan? Yuk Kenali Dulu Jenis Kulit Acne Prone dan 5 Cara Jitu Penanganannya

Cara mengatasi jenis kulit acne prone yang gampang jerawatan.-Freepik.com-

Lakukan double cleansing pada wajah setiap hari. Segera bersihkan make up, debu dan kotoran yang menempel pada wajah sampai ke pori jika sudah tidak ada diperlukan.

BACA JUGA:Review Jujur 3 Cuci Muka untuk Kulit Berjerawat dan Beruntusan dengan Efek Gentle, Ngga Bikin Wajah Ketarik!

BACA JUGA:Bye Kulit Kusam Berminyak! Ini Review 5 Sabun Cuci Muka Harga Terjangkau di Minimarket, Bikin Kulit Cerah

3. Jangan Menekan Kulit terlalu Keras

Saat membersihkan wajahh dengan jenis kulit acne prone skin, lakukan dengan lembut dan hati-hati. Hindari menggosok terlalu keras, dan mememcet bagian yang berjerawat. 

Hal ini bertujuan untuk tidak meninggalkan belas noda pada area yang fipencet. Adanya bekas jerawat tentu akan menjadi maslah dan PR baru.

4. Rutin Eksfoliasi

Eksfoliasi adalah perawatan kulit wajah dengan cara mengangkat atau mengikis sel-sel kulit mati yang berada pada lapisan terluar kulit. Banyak manfaat dari melakukan eksfoliasii secar teratur.

Kulit menjadi lebis sehat, minim muncul permaslahan kulit termasuk jerawat. memperbaiki warna dan tekstur karena merangsang pembentukan sel kulit baru. Proses eksfoliasi ini, dapat membuat kulit tampak lebih cerah.

Sifat eksfoliasi yang lebih strong dan mendalam daripada double clensing, maka cukup dilakuakn dua kali seminggu. 

5. Menjaga Pola Makan

Cara merawat kulit dari dalam adalah dengan memerhatikan asupan yang masuk. Bagi jenis kulit acne prone skin hindari makanan berminyak seperti gorangan, santan, pedas, dan kandungan gula buatan. Makanan seperti yang tersebut sangat rentan menimbulkan jerawat jika dikonsumsi dalam jumlah banyak.

Pastikan juga tubuh dan kulit terhidrasi dengan baik karena dapat mengatasi minyak berlebih penyebab jerawta. Biasakan minum 8 gelas per hari untuk pola hidup sehat.

Nah itu tadi seputar jenis kulit acne prone yang perlu diketahui. Kalau kamu merasa memiliki jenis kulit ini, kamu dapat mulai mempraktekkan sejumlah cara di atas. 

Dan jika jerawat terus muncul dalam jumlah dari batas wajar, sebaiknya segera lakukan konsultasi dengan dokter kulit agar mendapat perawatan lanjutan di bawah pengawasan ahli.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: