Liburan, Pelajar Diajak Berkebun

Liburan, Pelajar Diajak Berkebun

BATANG - Libur sekolah ini para pelajar di Desa Gumawang, Kecamatan Pecalungan dan sekitarnya punya aktivitas baru. Salah satunya dengan belajar berkebun di Pusdiklat Creative Farm Gemawang. Hal ini seperti terlihat pada Rabu (24/6/2020).

Pengelolaan Pusdiklat Creative Farm Gumawang, Harto menjelaskan, pusdiklat sudah mulai buka paska new normal. Beberapa pelajar sudah memanfaatkan libur sekolah untuk belajar berkebun.

"Alhamdulillah, sudah banyak anak-anak yang libur sekolah dan berkunjung kemari. Kami ajarkan mereka untuk berkebun, agar bisa memanfaatkan pekarangan rumah mereka agar lebih produktif. Selain itu juga sebagai pembelajaran mereka untuk mengisi waktu luang selama liburan," jelasnya.

Ditambahkan, dalam kesempatan ini juga dilakukan beberapa kegiatan. Seperti mengenal sistem irigasi, mengenal jenis buah dan sayur untuk konsumsi, terapi kesehatan dengan ikan, serta belajar proses pembuatan pupuk serta pemanfaatannya

"Hal ini kami lakukan untuk mendorong pemanfaatan pekarangan untuk ketahanan pangan. Tentunya dengan harapan setelah anak dapat materi ini, mereka bisa mempraktikkannya di rumah dengan didampingi orang tua mereka," imbuhnya.

Selain itu, di Pusdiklat ini anak-anak juga mendapatkan edukasi tentang ketahanan pangan sejak dini, serta pemanfaatan lingkungan sebagai sumber pangan.

"Harapannya mereka juga bisa turut terbiasa memakan pangan lokal yang dihasilkan di sekitar mereka. Sehingga mereka juga bisa turut membantu petani lokal dengan memakan pangan lokal, dan harapannya ke depan mereka juga bisa mengembangkan pertanian lokal," pungkasnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: