Liburan, Wisata Ciblon Karanggondang Ramai Pengunjung

Liburan, Wisata Ciblon Karanggondang Ramai Pengunjung

RAMAI - Pengunjung antusias menikmati wisata ciblon atau mandi disungai beserta sanak keluarga.

KARANGANYAR - Musim liburan sekolah dan hari raya idul fitri banyak warga yang mencari tempat wisata di kabupaten pekalongan, salah satunya wisata ciblon yang terletak di desa karanggondang kecamatan karanganyar kabupaten pekalongan, minggu (9/6/2019).

Ciblon atau dalam bahasa indonesianya mandi di sungai menjadi primadona wisata alternatif bagi warga kabupaten pekalongan dan ada juga dari luar daerah yang pulang kampung ke kabupaten pekalongan.

Pengelola wisata ciblon karanggondang budiman menerangkan bahwa wisata ini baru buka tahun ini tepatnya setelah lebaran ini. "Alhamdulillah mas wisata ciblon diterima oleh masyarakat kabupaten pekalongan padahal baru buka ditahun ini, sudah ada 600 an pengunjung mas tiap harinya," terangnya.

Wisata ciblon sendiri dikelola oleh masyarakat sekitar dan dipercantik dengan menggunakan dana kas desa serta BUMDes, dana yang dihabiskan sudah sekitar 100 jutaan.

"Rencananya kami akan buka tiap hari mas, tidak ada tiket masuk alias gratis, cuma bayar parkir saja untuk motor Rp. 5ribu rupiah dan untuk mobil Rp. 10 ribu rupiah," ucap budiman.

Wisata ciblon sendiri merupakan sungai saluran induk bendngan padurekso yang airnya dari sungai sengkarang, debit airnya lumayan banyak dan airnya juga masih jernih sehingga banyak pengunjung yang tertarik datang kesini. Untuk ketinggian air untuk anak-anak mulai dari 50 cm sampai 1 meter dan untuk orang dewasa bisa mencapai 1,5 meter.

Selain itu juga ada penyewaan ban yang harganya sangat terjangkau, Rp. 5 ribu rupiah untuk ban ukuran sedang dan Rp. 10 ribu rupiah ban ukuran besar. Omset sendiri per harinya mencapai sekitar Rp. 2 juta rupiah.

"harapannya agar kedepan wisata ciblon ini bisa dikunjungi lebih banyak lagi orang wisatawan, baik lokal daerah sendiri maupun luar daerah dan juga ramai pengunjung tidak hanya saat liburan saja," harap budiman.

Sementara itu tika dan rini yang merupakan pengunjung wisata ciblon dari warga kabupaten pekalongan sendiri menjelaskan kenapa memilih wisata ciblon ini karena jaraknya tidak terlalu jauh dari pusat kota, jalan mudah diakses dan masih baru.

"Tempatnya bagus mas, masih asri dan airnya jernih, untuk bermain air sendiri aman dan nyaman. Selain itu senang juga karena banyak temennya yang juga ikut main air disini, tiket masuknya gratis mas cuma bayar sewa ban saja dengan harga yang relatif sangat terjangkau, ucap tika dan rini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: