Antisipasi Kecurangan dan Kelangkaan BBM Jelang Hari Raya Idul Fitri 2024, Polres Pekalongan Sidak SPBU

Antisipasi Kecurangan dan Kelangkaan BBM Jelang Hari Raya Idul Fitri 2024, Polres Pekalongan Sidak SPBU

Untuk antisipasi potensi kecurangan dan kelangkaan BBM jelang Idul Fitri 2024, Polres Pekalongan sidak ke sejumlah SPBU.-Hadi Waluyo-

KAJEN,RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID – Guna mengantisipasi potensi kecurangan dan kelangkaan distribusi Bahan Bakar Minyak (BBM) menjelang Hari Raya Idul Fitri 2024, Polres Pekalongan melakukan sidak ke sejumlah SPBU, Jumat, 29 Maret 2024.

Sidak di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) yang ada di wilayah Kabupaten Pekalongan ini dilaksanakan oleh Satuan Reskrim Polres Pekalongan.

Kapolres Pekalongan AKBP Wahyu Rohadi, menyampaikan kegiatan tersebut bertujuan untuk mengantisipasi terjadinya penyalahgunaan distribusi BBM sekaligus memberikan himbauan kepada seluruh pengelola SPBU di wilayah Kabupaten pekalongan.

"Kegiatan ini untuk menghindari adanya kecurangan yang dapat merugikan masyarakat, serta memastikan layanan yang adil dan transparan bagi konsumen SPBU," tutur Kapolres Pekalongan.

Sementara itu, Kasat Reskrim Polres Pekalongan AKP Isnovim Chodariyanto, mengatakan, pihaknya telah melakukan pemeriksaan di beberapa SPBU. Diantaranya SPBU 44.511.03 Jalur Pantura Bondansari, SPBU 43.511.29 Rest Area KM 338A Kabupaten Pekalongan dan SPBU 44.511.16 Paesan Utara Kelurahan Kedungwuni Barat Kecamatan Kedungwuni Kabupaten Pekalongan.

Baca juga:Polres Pekalongan Ungkap 59 Kasus Dalam Operasi Pekat Candi 2024, Kasus Perjudian, Petasan, Miras, Perzinahan

Dalam kesempatan itu, pihaknya melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap mesin cor BBM, termasuk BBM subsidi dan nonsubsidi.

"Kami pastikan kesesuaian antara jumlah pengeluaran BBM yang tercatat di mesin dengan jumlah sebenarnya, serta memeriksa kelayakan operasional mesin-mesin tersebut," ujar Kasat Reskrim.

Selain itu, petugas juga mencatat ketersediaan stok BBM di setiap SPBU dan memberikan arahan kepada pegawai SPBU untuk selalu memeriksa kondisi mesin dan stok BBM.

Dikatakan, hasil sidak di SPBU menunjukkan bahwa tidak ditemukan adanya kecurangan atau hal-hal yang merugikan konsumen atau masyarakat. 

"Mesin cor BBM rata-rata dalam kondisi baik dan normal, sementara stok BBM juga terjamin di setiap SPBU yang diperiksa," ujar Kasat Reskrim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: