Luar Biasa, Untuk Keempat Kalinya Kota Santri Raih Predikat WTP

Luar Biasa, Untuk Keempat Kalinya Kota Santri Raih Predikat WTP

KAJEN - Pemkab Pekalongan berhasil mempertahankan predikat WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) untuk yang ke 4 kalinya. Penyerahan piagam WTP dan penandatanganan nota kesepahaman (MoU) antara Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Jateng dengan Pemkab Pekalongan dilakukan di Aula Lantai 1 Setda, Kajen, Selasa (5/11/2019).

Bupati Pekalongan, Asip Kholbihi menyampaikan bahwa dalam membangun tata kelola pemerintahan itu tidak mudah. butuh proses yang panjang dan hasilnya bisa dinikmati nanti.

"Saat awal mendapatkan predikat WTP, perjuangannya sangat berat dan berdarah-darah sekali. Untuk saat ini Pemkab Pekalongan sedang mengukur agar WTP ini berkualitas. InsyaAllah tanggal 27 November nanti akan mendapatkan penghargaan lagi," ujarnya.

Pemkab Pekalongan sendiri juga terus berkomitmen dalam mengelola tata keuangan agar terus transparan dan akuntabel serta memiliki outcome yang bisa dirasakan langsung oleh masyarakat luas.

Saat ini, paradigma pembangunan kita yaitu membangun untuk kebutuhan masyarakat dan bukan membangun untuk keinginan pemerintah. Itu yang saat ini dilakukan dan aspek tata kelola keuangan alhamdulillah juga baik," tuturnya.

Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan Jawa Tengah, Sulaimansyah menuturkan bahwa ini merupakan bentuk apresiasi antara pemerintah pusat kepada pemerintah daerah khususnya Kabupaten Pekalongan yang sudah mendapatkan predikat WTP.

"Pemerintah pusat mengapresiasi kepada Pemerintahan Kabupaten Pekalongan yang sudah mendapatkan predikat WTP karena ini menyangkut hubungan keuangan antara pusat dengan daerah," jelasnya.

Pihaknya juga mengaku sangat kagum kepada Pemkab Pekalongan karena mempunyai komitmen bahwa pendapatan yang diperoleh dari rakyat harus dimanfaatkan sebesar-besarnya juga untuk kepentingan rakyat.

Sementara itu, Ketua DPRD Kabupaten Pekalongan, Hindun menambahkan bahwa sangat mengapreasi penghargaan WTP ke 4 kalinya yang diberikan oleh Kementerian Keuangan. "Tadi sudah diterima oleh Bupati Asip dan kedepan harus senantiasa dipertahankan dan semakin berkualitas," pungkasnya.

Seiring dengan Kabupaten Pekalongan yang memperoleh predikat WTP tentunya kita bisa melihat dari perkembangan pengelolaan keuangan yang sekarang ini semakin bagus. Mudah-mudahan outcome yang bisa dirasakan oleh masyarakat dalam bentuk kesejahteraan yang disampaikan kepada masyarakat.

"Selalu dipertahankan terus, pengelolaan keuangannya semakin bagus dan semakin berkualitas. Kita tunggu saja nanti tahun 2020 bisa diundang ke Istana Negara jika sudah mendapatkan predikat WTP untuk yang ke 5 kalinya," tandasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: