Lulusan Bakal Dibekali Kemampuan Tahfidz dan Tahsin

Lulusan Bakal Dibekali Kemampuan Tahfidz dan Tahsin

*Muhammadiyah Boarding School Batang Dibuka Tahun Ini

BATANG - Mulai tahun ini, MA Muhammadiyah Batang bersama Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Batang membuka pendaftaran murid baru jalur khusus, yakni dengan jalur Boarding School. Dengan jalur ini, peserta didik tidak hanya dibekali kemampuan akademik secara formal saja, tetapi juga dibekali ilmu keagaman. Dengan program unggulannya, lulusan diharapkan bisa memiliki kemampuan tahfidz dan tahsin.

"Jadi di jalur Muhammadiyah Boarding School ini para peserta didik nantinya juga akan belajar ilmu umum dan agama. Tak hanya itu, kami punya program unggulan, yakni program Tahfidz dan Tahsin. Dimana lulusan nantinya diharapkan bisa menghafalkan Al-Qur'an minimal 15 juz. Selain itu mereka juga akan diajarkan bagaimana cara membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar," jelas Kepala MAM Batang, Nurudin SPdI.

Selain itu, mereka nantinya akan belajar Bahasa Arab dan Membaca Kitab, serta masih banyak program lainnya. Untuk setiap sesi pembelajaran pun disiapkan guru pendamping. Baik nantinya ketika akan belajar ilmu agama sesuai dengan kurikulum boarding, bahkan saat belajar ilmu umum untuk kurikulum pendidikan formalnya.

"Ketika akan belajar pun mereka akan ada sesi belajar kelompok sehingga bisa saling sharing dengan teman mereka. Kami juga siapkan pendamping untuk memantau mereka," imbuhnya.

Untuk jalur boarding school, tahun ini pihaknya menerima 20 murid. Jika berminat, pendaftaran bisa langsung ke jalur online ataupun bisa datang langsung ke MA Muhammadiyah Batang.

Pihaknya berharap dengan adanya jalur Muhammadiyah Boarding School ini dapat menambah kompetensi lulusannya. Sehingga tak hanya sekadar mengantongi ijazah, lulusan pun bisa memanfaatkan ilmu yang dipelajari untuk kemaslahatan masyarakat sekitarnya.

"Harapannya, lulusan kami bisa menjadi orang yang bermanfaat di masyarakat sekitar, baik dalam bidang umum dan agama. Sebelum lulus pun, kami selalu adakan program terjun ke lapangan untuk berbagi dan mengamalkan ilmu yang telah didapat selama belajar di madrasah," pungkasnya. (nov)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: