Tips #Cari_Aman Berkendara Bagi Pelajar Usai Libur Panjang

Tips #Cari_Aman Berkendara Bagi Pelajar Usai Libur Panjang

--

Semarang – Momen libur panjang menjadi kesempatan emas bagi siswa untuk melepas penat dan menikmati masa rehat. Akan tetapi, tibanya akhir liburan menandakan kembali ke aktivitas belajar di sekolah. 

 

Untuk mayoritas siswa yang domisilinya berjauhan dengan sekolah, motor menjadi moda transportasi andalan. Karena itu, inspeksi kendaraan sebelum memulai perjalanan menuju sekolah amat krusial untuk menjamin keamanan berkendara.

 

Pakar Keselamatan Berkendara dari Astra Motor Jateng, Suko Edi, menekankan bahwa keamanan adalah hal yang terdepan, dan inspeksi menyeluruh dapat menghindari insiden tak terduga, sehingga penting untuk memeriksa kendaraan sebelum kembali bersekolah usai liburan. 

 

Beberapa langkah inspeksi yang disarankan untuk memastikan motor berada dalam kondisi optimal dan aman antara lain:

• Inspeksi Ban

Ban yang kurang angin akibat tidak terpakai dalam waktu lama bisa berpengaruh pada kontrol dan kestabilan motor. Ceklah tingkat keausan ban dan pastikan tidak ada keretakan atau objek tajam yang tertanam pada permukaan ban. Sesuaikan tekanan angin ban dengan standar yang ditetapkan oleh pabrikan.

• Evaluasi Sistem Pengereman

Memeriksa sistem pengereman merupakan tindakan vital untuk keamanan berkendara. Pastikan fungsi rem depan dan belakang optimal. Kontrol ketebalan kampas rem dan pastikan tidak terkikis secara ekstrem. Juga, periksalah kondisi kabel rem agar tidak ada yang aus atau bengkok yang bisa mengganggu fungsi pengereman.

• Cek Sistem Pencahayaan

Pastikan seluruh sistem pencahayaan pada motor beroperasi dengan baik. Ini mencakup lampu utama, lampu belakang, lampu sein, dan lampu rem. Pencahayaan yang tidak optimal bisa mengurangi visibilitas pengendara di jalan, yang berpotensi meningkatkan risiko kecelakaan.

• Verifikasi Oli dan Cairan Pendingin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: