6 Manfaat Buah Kelengkeng, Bisa Memperkuat Tulang hingga Mencegah Penuaan Dini

6 Manfaat Buah Kelengkeng, Bisa Memperkuat Tulang hingga Mencegah Penuaan Dini

Buah kelengkeng kaya manfaat untuk tubuh.-Hadi Waluyo-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Dengan kandungan gizi di dalamnya, buah kelengkeng kaya manfaat untuk kesehatan. Diantaranya bisa memperkuat tulang, meningkatkan kesehatan otak, hingga mencegah penuaan dini.

Buah kelengkeng merupakan salah satu buah favorit di keluarga. Buah berukuran kecil ini memiliki rasa yang manis. Makanya, banyak disukai anggota keluarga, mulai dari anak-anak hingga manula.

Masyarakat pun sekarang banyak menanam pohon kelengkang. Ada dalam bentuk tanaman dalam pot. Ada pula yang menanamnya di kebun dan pekarangan rumah. 

Meski pohon kelengkeng dikenal pohon yang sulit berbuah di daerah tertentu, namun dengan pemilihan bibit yang berkualitas dan perawatan yang baik, pohon kelengkeng di pekarangan rumah pun banyak yang bisa berbuah lebat.

Meskipun berukuran kecil, buah kelengkeng kaya manfaat untuk tubuh. Itu semua berkat kandungan gizi dalam buah kelengkeng yang luar biasa. 

Baca juga:Jangan Remehkan Pepaya Muda, Inilah 8 Manfaat Pepaya Muda untuk Kesehatan dan Kecantikan

Dalam 100 gram buah kelengkeng, ada kandungan gizi berupa air 82.75 gram (g), energi 60 kkal, protein 1,31 g, lemak 0,1 g, karbohidrat 15,14 g, dan serat 1,1 g.

Selain itu, ada pula kalsium 1 miligram (mg), zat besi 0,13 mg, magnesium 10 mg, fosfor 21 mg, kalium 266 mg, seng 0,05 mg, tembaga 0,169 mg, dan mangan 0,052 mg.

Buah kelengkeng juga memiliki kandungan asam askorbat (vitamin C) 84 mg, thiamin (vitamin B1) 0,031 mg, riboflavin (vitamin B2) 0,14 mg, dan niasin (vitamin B3) 0,3 mg.

Berikut ini manfaat buah kelengkeng untuk kesehatan:

1. Melawan radikal bebas

Dengan kandungan antioksidan berupa asam galat dan asam elagat, buah kelengkeng bisa melawan radikal bebas pada tubuh. Radikal bebas inilah yang dapat memicu timbulnya penyakit tak menular seperti jantung, stroke dan kanker.

Baca lagi:Tak Disangka, Inilah 14 Manfaat Buah Duku, Bisa Merawat Kulit, Mencegah Kanker Hingga Memperkuat Tulang

2. Memperkuat tulang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: