Jangan Remehkan Pepaya Muda, Inilah 8 Manfaat Pepaya Muda untuk Kesehatan dan Kecantikan

Jangan Remehkan Pepaya Muda, Inilah 8 Manfaat Pepaya Muda untuk Kesehatan dan Kecantikan

Pepaya muda kaya manfaat untuk kesehatan dan kecantikan.-Hadi Waluyo-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Tak hanya buah pepaya matang yang kaya manfaat untuk kesehatan. Pepaya muda pun banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan lantaran kandungan nutrisinya yang luar biasa.

Pepaya muda sudah banyak diolah menjadi aneka olahan sayuran dan cemilan, seperti tumis pepaya muda, lodeh pepaya muda, manisan pepaya muda, sayur santan pepaya muda, rujak dan aneka olahan lainnya.

Dibalik cita rasanya yang enak dengan teksturnya yang khas, pepaya muda kaya manfaat untuk kesehatan berkat kandungan nutrisi di dalamnya. Manfaat pepaya muda diantaranya memiliki sifat anti kanker, menjaga kesehatan jantung, mencegah asma, hingga mencegah penuaan dini.

Dilansir dari hellosehat.com, dalam 100 gram pepaya muda memiliki kandungan gizi berupa air 92.3 gram (g), energi 29 kkal, protein 2.1 g, lemak 0.1 g, dan karbohidrat 4.9 g. Selanjutnya, ada kandungan serat 2.1 g, kalsium 50 miligram (mg), fosfor 16 mg, besi 0.4 mg, natrium 22 mg, dan kalium 211.2 mg. Pepaya muda juga mengandung antioksidan, yakni lycopene.

Baca juga:4 Manfaat Daun Pepaya untuk Wajah Usia 50 Tahun Ke Atas, Kulit jadi Mulus Bebas Flek Hitam dan Awet Muda

Inilah beberapa manfaat pepaya muda untuk kesehatan dan kecantikan:

1. Mengurangi risiko kanker

Dengan kandungan lycopene yang dimilikinya, buah pepaya muda dapat mengurangi risiko terkena kanker. Pepaya muda bisa melawan sel kanker tertentu, seperti kanker payudara.

2. Memelihara kesehatan jantung

Dengan kandungan lycopene dan vitamin C, buah pepaya muda dapat meningkatkan kadar HDL alias kolesterol baik. Selain itu, lycopene dan vitamin C bisa melawan peradangan dan oksidasi yang dapat merusak pembuluh darah dan jaringan jantung. 

Oleh karena itulah, mengonsumsi pepaya muda dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

3. Memelihara kesehatan pencernaan

Pepaya muda mengandung enzim papain, sehingga bermanfaat untuk memelihara kesehatan pencernaan. Makanya, jika kamu sembelit, sindrom iritasi usus besar, dan perut kembung, cobalah mengonsumsi pepaya yang belum matang ini agar gejalanya segera hilang.

Baca lagi:4 Manfaat Masker Pepaya untuk Wajah Flek Hitam, Lengkap dengan Cara Pakainya Agar Glowing Bebas Noda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: