Tak Disangka, Inilah 14 Manfaat Buah Duku, Bisa Merawat Kulit, Mencegah Kanker Hingga Memperkuat Tulang

Tak Disangka, Inilah 14 Manfaat Buah Duku, Bisa Merawat Kulit, Mencegah Kanker Hingga Memperkuat Tulang

Buah duku kaya manfaat untuk kesehatan.-Hadi Waluyo-

RADARPEKALONGAN.DISWAY.ID - Tak disangka, si mungil buah duku ternyata banyak mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, sehingga buah duku kaya manfaat untuk kesehatan dan kecantikan tubuh.

Buah dengan rasa manis ini sudah terkenal di masyarakat. Paling populer di tengah-tengah masyarakat adalah duku Palembang. Harganya pun cukup terjangkau.

Meski buah ini kecil, namun dagingnya cukup tebal. Rasanya manis jika sudah matang. Hebatnya, tak hanya daging buah duku saja yang bermanfaat untuk kesehatan. Biji dan daun buah duku pun bermanfaat untuk kesehatan.

Menurut Kementerian Kesehatan RI, kandungan zat gizi dalam buah duku sangat beragam. Semua kandungan nutrisinya memberikan manfaat bagi tubuh.

Baca juga:Mampu Mencegah Penuaan Dini, Inilah 7 Manfaat Buah Kedondong

Dalam 100 gram buah duku, diantaranya mengandung air 8,0 gram (g), kalori 63 kkal, protein 1,0 g, serat 4,3 g, lemak 0,2 g, dan karbohidrat 16,1 g. Selanjutnya, ada kalsium 18 miligram (mg), fosfor 9 mg, besi 0,9 mg, natrium 2 mg, kalium 149 mg, tembaga 0,09 mg, dan seng 0,2 mg.

Tak hanya itu, ada pula kandungan thiamin 0,05 mg, riboflavin 0,15 mg, niasin 1,5 mg dan vitamin C 9 mg. Dari kandungan itu, bisa dilihat meskipun mungil buah duku mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan. 

Dari kandungan zat gizi yang dimilikinya, berikut ini manfaat buah duku untuk kesehatan dan kecantikan:

1. Anti malaria

Dalam jurnal Phytochemistry, beberapa ahli dari Thailand dan Inggris melakukan penelitian terhadap biji duku sebagai obat malaria. Dari penelitian tersebut, ekstrak biji duku dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit malaria falciparum. 

2. Mencegah sembelit

Buah duku mengandung serat yang baik untuk sistem pencernaan tubuh. Sehingga gangguan pencernaan seperti sembelit bisa dicegah dengan mengonsumsi buah duku.

Baca lagi:Catat, Inilah 10 Jenis Makanan Tinggi Vitamin K, Sangat Baik untuk Kesehatan Tulang Lansia

3. Meningkatkan kekebalan tubuh

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: