Tak Disangka, Inilah 14 Manfaat Buah Duku, Bisa Merawat Kulit, Mencegah Kanker Hingga Memperkuat Tulang

Tak Disangka, Inilah 14 Manfaat Buah Duku, Bisa Merawat Kulit, Mencegah Kanker Hingga Memperkuat Tulang

Buah duku kaya manfaat untuk kesehatan.-Hadi Waluyo-

Dengan kandungan vitamin C-nya, mengonsumsi buah duku bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sebab, vitamin C merupakan antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari radikal bebas yang bisa menyebabkan penyakit.

4. Menambah energi dan menjaga sistem saraf

Vitamin B dalam buah duku beragam seperti thiamin, riboflavin dan niasin. Makanya, buah duku membantu proses pengolahan karbohidrat menjadi energi dan menjaga keselarasan fungsi sistem saraf.

5. Mencegah tumor pada kulit

Berdasarkan hasil penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Pre-Clinical and Clinical Research, kandungan flavonoid dalam buah duku juga bermanfaat untuk mencegah perkembangbiakan tumor pada kulit.

6. Mencegah kanker

Berdasarkan penelitian para ahli farmasi dari Kyoto Pharmaceutical University, Jepang, daun buah duku memiliki kandungan anti mutagenik, sehingga dapat mencegah perkembangbiakan sel kanker pada tubuh.

Baca juga:8 Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan, Menurunkan Gula Darah, Asam Urat dan Tekanan Darah Tinggi

7. Antioksidan

Jurnal Mediterranean Journal of Chemistry menyebutkan, buah duku memiliki kandungan antioksidan yang tinggi.

8. Antibakteri

Berdasarkan hasil penelitian para ahli farmakologi di Indonesia, berbagai kandungan dalam buah duku bersifat antibakteri. Selain sebagai antioksidan, kandungan metanol, heksana, dan daun buah duku juga dapat melawan infeksi bakteri.

9. Mencegah infeksi saluran kencing

Dengan kandungan asam lansionat yang dihasilkan oleh kulit dan biji buah duku yang dikeringkan, buah duku bermanfaat untuk mencegah infeksi beberapa jenis jamur, termasuk Candida albican yang merupakan penyebab penyakit infeksi saluran kemih.

10. Merawat kulit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: