Maksimalkan Persiapan Lahiriah Batiniah

Maksimalkan Persiapan Lahiriah Batiniah

BELAJAR - Suasana pembelajaran para siswa MI Salafiyah Asy-Sya'ban Karangsari, Minggu (24/03). EKA ISDITYA

BOJONG - Madrasah Ibtidaiyah (MI) Salafiyah Asy-Sya'ban Karangsari kini tengah dalam tahap persiapan pelaksanaan Ujian Sekolah (US) dan Ujiam Madrasah (UM) bagi para siswa kelas VI. Segala persiapan baik yang bersifat lahiriah maupun batiniah, telah dilaksanakan.

Demikian diungkap Kepala MI Salafiyah Asy-Sya'ban Karangsari, Abdul Ghofur, ketika ditemui Radar Pekalongan di kantornya, Minggu (24/03).

"Alhamdulillah saat ini kami masih dalam tahap persiapan menjelang Ujian untuk kelas VI," tuturnya.

Sebanyak 31 siswa MI Salafiyah Asy-Sya'ban Karangsari mengaku siap mengikuti ujian yang akan digelar pada bulan April 2019 mendatang.

Sebagai salah satu bentuk ikhtiar lahiriah yang dilakukan oleh MI yang terletak di Kecamatan Bojong ini ialah kegiatan jam pelajaran tambahan yang dilaksanakan setiap hari.

"Untuk persiapan pematangan materi yang kami laksanakan salah satunya yaitu melalui kegiatan jam pelajaran tambahan. Alhamdulillah dilaksanakan setiap hari menjelang ujian ini. Jamnya setelah jam belajar, sekitar jam 1 siang," ujar Pak Ghofur, sapaannya.

Selain persiapan lahiriah, pihaknya juga menggelar rangkaian kegiatan persiapan spiritual siswa. Diantaranya ialah pembacaan nariyah, hingga kunjungan wisata religi atau ziarah. Pada Maret 2019 lalu, para siswa kelas VI diajak untuk berkunjung ke bebearapa makam ulama di sekitar Pekalongan.

"Untuk kegiatan ziarah kali ini kami laksanakan di Makam Sapuro dan Wonobodro. Alhamdulillah kami kesana membawa rombongan 3 angkutan," tuturnya.

Selain itu, pihaknya juga telah menutup rangkaian kegiatan nariyahan rutin, Kamis (21/03) sekaligus memperingati peristiwa Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW. (yak)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: